BPBD: Wilayah Kabupaten Lebak Masih Akan Alami Cuaca Ekstrim dengan Hujan Lebat dan Angin Kencang

Kamis, 17 Juni 2021 18:07 WIB

Share
Kepala BPBD Lebak Febby Rizki Pratama (foto: yusuf)
Kepala BPBD Lebak Febby Rizki Pratama (foto: yusuf)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak menyatakan, dalam beberapa hari ke depan wilayah Kabupaten Lebak masih akan mengalami cuaca ekstrem, seperti hujan lebat yang disertai angin kencang. Hujan lebat berpotensi datanganya banjir dan bencana longsor.

Untuk itu, BPBD mengimbau agar warga Kabupaten Lebak agar selalu waspada akan adanya potensi bencana yang dapat timbul akibat cuaca ekstrem tersebut.

"Cuaca ekstrem yang terjadi dapat menyebabkan bencana seperti banjir dan longsor. Untuk itu bagi warga yang berada di daerah-daerah yang dekat dengan bibir sungai ataupun daerah rawan lainnya  untuk selalu waspada," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak Febby Rizki Pratama kepada Pos Kota, Kamis (17/06/2021).

Febby mengatakan, BNPB sendiri dalam beberapa hari terakhir ini telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim untuk wilayah Provinsi Banten, khususnya Kabupaten Lebak. 

"BNPB selalu mengeluarkan peringatan secara berskala. Seperti pada tanggal 13, 15 Juni kemarin bahwa diprediksi akan adanya cuaca ekstrim, dan jika hasil analisa masih terdapat potensi cuaca ekstrem, maka BNPB akan mengeluarkan peringatan dini lagi," kata Febby.

Dikatakan Febby, dimasa cuaca ekstrem ini warga harus waspada dan siap untuk melakukan mitigasi bencana jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, dirinya meminta agar warga untuk selalu mengikuti arahan dari petugas setempat dan melakukan evakuasi dini jika diperlukan.

Katanya, untuk meminimalisir kerugian sendiri, warga juga diimbau untuk menyiapkan tas kebencanaan. Dimana, dalam tas tersebut berisikan seluruh dokumen penting dan ataupun barang berharga.

"Jadi jika terjadi bencana kita juga dapat meminimalisir kerugian dengan cara menyelamatkan tas yang berisikan dokumen dan benda berharga," katanya.

"Dan untuk lebih jauhnya, selalu ikuti arahan dari petugas setempat," pungkasnya. (*) 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar