Otomotif.Poskota.co.id – Penggunaan helm di saat balapan tentunya sangat penting, sob. Karena untuk ngelindungin wajah dan kepala di saat para pembalap ngalamin crash.
Nah, ada beberapa faktor penting yang sangat mempengaruhi desain khusus helm balap, antara lain aerodinamis, kenyamanan, keamanan, visibilitas, dan berat.
Kelima faktor ini penting banget untuk semua balapan bahkan sekelas MotoGP, sob.
Selain itu ada yang harus diperhatikan dalam pembuatan helm balap, diantaranya:
Pertama, bahan dasar yang dipakai untuk bikin suatu helm balap harus yang sangat ringan. Tapi gak cuma ringan saja, helm ini juga harus tahan terhadap benturan.
Jadi semakin ringan dan semakin nyaman dipakai, pembalap pun akan merasa makin fokus di lintasan, sob.
Kedua, bentuk dan desain yang aerodinamis harus bisa membelah dan memecah angin dengan benar.
Selain itu, sistem ventilasi dan respirasi juga jadi hal yang utama. Tujuannya adalah agar para pembalap bisa bernapas, mendengar, dan melihat dengan jelas.
Helm sendiri bisa dipecah jadi empat bagian penting, yaitu bagian terluar, bagian terdalam, kaca helm (visor), dan mekanisme pengikatan.
Untuk bagian terluar, kombinasi dari bahan-bahan seperti serat kaca, karbon, kevlar, dan polyurethane bisa menghasilkan helm yang mencegah dampak langsung ke kepala.
Dari pihak pabrikan pun juga sebelumnya sudah melakukan beberapa riset, seperti tes benturan atau dipukul menggunakan palu, dengan tujuan untuk menilai seberapa kuat helm yang mereka bikin untuk para pembalap.
Di bagian dalam juga sama krusialnya dengan bagian terluar helm, karena bagian ini yang bersentuhan langsung dengan kepala.
Bagian bantalan di dalem helm juga harus nyaman dan itulah kenapa ukuran kepala para pembalap sebelumnya harus diukur dulu dengan sempurna.
Semua wajah pembalap juga di-scan terlebih dahulu, jadi busa atau bantalan yang menempel dengan wajah mereka sesuai dengan struktur tulang para rider.
Selain itu, yang harus diperhatikan bukan cuma tulang aja yang jadi patokan, tapi bagian alis, hidung, dan rahang juga penting, sob.
Jadi kenyamanan bagian dalam helm juga sangat penting. Selain itu agar pembalap juga bisa denger dengan jelas suara motor mereka atau suara motor dari pembalap lain yang mendekat.
Bagian visor dan mekanisme pengikatan juga gak kalah penting. Visor sudah jelas pentingnya untuk para pembalap bisa melihat dengan jelas apa yang terjadi di depannya, terutama saat kondisi hujan.
Pada saat kondisi hujan, visor biasanya mengalami pengembunan, hal ini bisa menggangu pandangan seorang pembalap.
Nah ini pembalap bisa menggunakan jenis visor untuk saat hujan dan yang menggunakan anti-fog alias anti embun.
Bagian terakhir yang juga penting adalah mekanisme pengikatan. Helm harus terkunci dengan baik pada kepala si pembalap.
Terutama di saat pembalap ngalamin crash, helm harus tetap menempel untuk ngamanin kepala.
Biasanya helm balap menggunakan pengikat model Double D-Ring. Pengikat tali helm ini sangat kuat dan banyak digunakan pada helm-helm balap, sob.