ADVERTISEMENT

Tips Gunakan Transmisi Matic Agar Ngak Cepat Jebol Dan Performa Mobil Selalu Terjaga Dengan Baik

Selasa, 15 Juni 2021 22:57 WIB

Share
Selain mudah digunakan, ada beberapa hal yang harus diketahui agar usia pakai mobil matic lebih panjang. (Foto/reza)
Selain mudah digunakan, ada beberapa hal yang harus diketahui agar usia pakai mobil matic lebih panjang. (Foto/reza)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Poskota.co.id –  Penggunaan transmisi matic pada mobil selain meningkatkan kenyamaan juga mempermudah dalam berkendara.

Sebelum menggunakan transmisi matik, semua mobil dilengkapi dengan transmisi manual, dimana pengendara harus menyeimbangi antara putaran mesin dengan bantuan kopling melalui pedal yang berada sejajar dengan pedal gas dan rem.

Dengan dikembangkanya teknologi transmisi otomatis atau lebih dikenal dengan transmisi matic, maka berkendarapun menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Pengendara cukup memindahkan tuas transmisi dan menginjak pedal gas, mobil pun melaju dengan berlahan, bahkan kala menembus kemacetan cukup mengontrol kecepatan mobil dengan menginjak pedal rem.

Meskipun sangat mudah digunakanya namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakanya, serta diperlukan juga perawatan agar transmisi ini mempunyai usia pakai yang lebih panjang dan tidak mengalami kerusakan yang akan menambah budget pemeliharaan mobil.

”Terkadang pengemudi tidak begitu memahami cara menggunakan mobil dengan transmisi matik, sehingga usia pakai menjadi lebih pendek, terutama tentang pergantian pelumas yang sangat dibutuhkan oleh transmisi ini,” tutur Cipto Adiputra praktisi dari Shop and Drive.

Cipto menambahkan, selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara saat menggunakan mobil dengan transmisi matic.

Diantaranya tidak memindahkan tuas transmisi dari D ke N debelum mobil benar-benar berhenti, apalagi memindahkan tuas dari D ke P, karena transmisi bukanlah rem yang berfungsi menahan laju kendaraan, hal ini dapat berakibat rusaknya gigi-gigi yang ada pada transmisi.

Biasakan untuk memindahkan tuas transmisi dari D ke N pada saat berhenti di lampu merah atau jika kendaraan berhenti dalam waktu yang cukup lama, karena hal ini dapat meringankan beban kerja dari rem kendaraan dan kampas kopling.

Jika akan kendaraan mendadak mogok dan harus didorong posisikan tuas transmisi pada N, selain itu jika harus menggunakan mobil derek, posisikan bagian roda yang bersentuhan langsung dengan gearbox yang diangkat dan roda yang tidak berhubungan langsung dengan gearbox menapak dijalan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT