ADVERTISEMENT

5 Cara Jitu Atasi Masalah Trauma, Coba Lakukan Ini Yuk!

Selasa, 15 Juni 2021 08:00 WIB

Share
Ilustrasi kesehatan mental (Foto: WCAX/Web)
Ilustrasi kesehatan mental (Foto: WCAX/Web)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Pengalaman buruk yang pernah menimpa diri kita biasanya akan terus menetap dipikiran untuk jangka waktu tertentu atau untuk selama-lamanya.

Ingatan seseorang dalam merasakan sesuatu hal yang pahit dan pernah dirasakan dalam hidupnya akan sulit untuk melupakannya dengan mudah.

Kecepatan seseorang dalam melupakan pengalaman yang amat buruk tergantung pada seberapa berat “luka” tersebut. Jika seseorang benar-benar terpuruk serta dihadapkan pada situasi hidup-mati, trauma dapat membekas seumur hidupnya.

Bangkit dari trauma memang tak mudah dan butuh proses. Namun, jangan menyerah dengan keadaan. Cobalah untuk mengatasinya dengan berbagai cara. Jika terus dibiarkan begitu saja, trauma bisa memengaruhi kualitas hidup Anda.

Berikut ini 5 cara mengatasi trauma yang dapat dicoba:

Mengenali trauma
Pertama-tama, kenali trauma Anda. Coba ingat-ingat kembali, mengapa kenangan tersebut bisa menyebabkan luka yang begitu membekas bagi kehidupan Anda.

Pengakuan
Tentunya mengakui bahwa Anda mengalami trauma di masa lalu adalah salah satu kunci penting untuk memulihkan kondisi psikis Anda.

Bagi sebagian orang, pembicaraan mengenai trauma adalah hal yang cukup tabu, sehingga mereka memilih untuk menutupnya rapat-rapat hingga tidak mengakuinya.

Coba lebih terbuka
Penting sekali bagi Anda untuk terbuka dengan masalah yang sedang dialami, terutama kepada psikolog Anda. Jika Anda memilih untuk menutup diri, tentu saja mereka akan kesulitan untuk membantu mencarikan jalan keluar untuk Anda. Ingatlah, bercerita dengan seseorang efektif untuk mengurangi beban Anda walaupun sedikit.

Memaafkan
Mungkin terkesan mudah. Akan tetapi, memaafkan adalah bagian yang cukup vital dalam mengatasi trauma. Memaafkan bukan berarti melupakan. Mulailah untuk memaafkan penyebab yang membuat pengalaman Anda begitu traumatis. Pengalaman masa lalu adalah sebuah bekal untuk masa depan Anda.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT