ADVERTISEMENT

Arab Saudi Resmi Umumkan Penyelenggaraan Haji Khusus Warga Dalam Negeri dan Kelompok Ekspatriat

Senin, 14 Juni 2021 12:00 WIB

Share
Pelaksanaan ibadah umrah di tengah pandemi. (ist)
Pelaksanaan ibadah umrah di tengah pandemi. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Arab Saudi mulai membuka pendaftaran haji secara online pada Minggu, tanggal 13 Juni 2021 bagi calon jemaah yang berasal dari dalam negeri dan juga kelompok ekspatriat.

Konsul Haji Jeddah Endang Jumali yang dihubungi di Jakarta, Senin (14/6/2021) membenarkan bahwa Pemerintah Arab Saudi mulai membuka pendaftaran haji secara online per 13 Juni 2021.

"Pelaksanaan ibadah haji tahun ini Pemerintah Arab Saudi menerapkan biaya dan ini berbeda dengan tahun lalu yang dilaksanakan secara gratis, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," terang Endang.

Endang mengungkapkan bahwa pelaksanaan haji tahun Pemerintah Arab Saudi menerapkan biaya yakni, untuk paket 1 sebesar 12.113 riyal atau sebesar Rp48, 5 juta dengan kurs 1 riyal sama dengan Rp4.000,-.

Kemudian paket kedua 14.381 riyal atau sebesar Rp57, 5 juta. Sedangkan paket ketiga 16.560 riyal, atau sebesar Rp 66, 2 juta.

"Itu belum termasuk pajak sebesar 15 persen," kata Endang.

Endang mengatakan, biaya itu sudah satu paket layanan komplet. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, hotel, transportasi, dan katering. Endang tidak bisa memperkirakan apakah tahun ini ada WNI di Saudi yang berhaji.

“Tahun lalu haji digelar secara gratis dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ada 13 orang WNI yang ikut berhaji. Tahun ini haji tetap dijalankan dengan protokol kesehatan ketat, " terang Endang.  Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan menggelar pelaksanaan ibadah haji dengan jumlah peserta sebanyak 60.000 orang. Mereka ini berasal dari warganya sendiri dan ekspatriat (warga asing yang sudah tinggal di sana).

Pelaksanaan haji secara terbatas di tengah pandemi seperti ini merupakan yang kedua, karena tahun 2020 juga diterapkan oleh Pemerintah Saudi.

Pemerintah Indonesia sudah memutuskan untuk tidak memberangkatkan calon jemaah haji karena situasi masih pandemi. (johara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT