ADVERTISEMENT

Jamu Tradisional  

Sabtu, 12 Juni 2021 07:00 WIB

Share
Logo Suara Kebangsaan
Logo Suara Kebangsaan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh: Hasto Kristiyanto
 
DALAM suatu kesempatan Presiden Jokowi pernah mengungkapkan rahasia kebugaran dan energi kerja dengan daya tahan luar biasa muncul dari  kebiasaan minum jamu sehat. Rakyat pun heran. Jagad sosial media gempar. Jamu sehat Jokowi pun menuai perhatian. Perpaduan temu lawak, kunyit, dan jahe bergerak cepat ke puncak ketenaran.

Apa yang terjadi nampaknya sederhana. Pengungkapan rahasia jamu sehat Jokowi telah memlopori perubahan berbagai sendi kehidupan. Pertama, mobilisasi status jamu tradisional dari kalangan rakyat ke istana. Kultur yang hidup selama ini, jamu tradisional sepertinya eksis di kalangan rakyat bawah, wong cilik.

Pada saat bersamaan, para elit kelas menengah sepertinya tengah berlomba menampilkan resep sehat melalui asupan suplemen impor penuh gengsi dan menjadi simbol eksistensi. “Deklarasi Jamu” Presiden Jokowi merombak cara pandang ini, dan jamu kembali populer di bumi pertiwi. Kedua, kehadiran jamu tradisional, dalam perspektif ideologis, menggelorakan rasa bangga terhadap kekayaan herbal nusantara yang begitu kaya tradisi.

Disinilah Jokowi mengangkat kebiasaan rakyat, menjadi simbol  peradaban bangsa guna mengingatkan betapa kayanya Nusantara dengan jamu-jamu tradisional, rempah, hingga kekayaan hayati yang belum diolah menjadi obat-obatan. Lebih jauh lagi, Jokowi telah menyampaikan pesan sederhana bagi tumbuhnya semangat berdiri di atas kaki sendiri (berdikari).

Mengapa? Selama ini tampilan hidup terhadap asupan makanan hanya dipersepsikan dari makan minuman mentereng sebagai simbol modernitas. Cara mengonsumsi makanan, darimana, dan dimana tempat makan menjadi simbol status sosial. Demikian juga dalam kesehatan. Kesehatan preventif dalam status sosial elit, diperlihatkan dengan aneka konsumsi multi vitamin impor.

Ilustrasi rempah-rempah sebagai bahan dasar membuat jamu. (Ist)

Berburu suplemen ke luar negeri, check-up kesehatan di luar negeri, sepertinya menambah gengsi. Kelemahan sistem pelayanan kesehatan dan kurangnya kemampuan profesional paramedis menjadi pembenar untuk membelanjakan “uang kesehatan” ke luar negeri.

Atas dasar hal tersebut, apa yang dilakukan Presiden Jokowi nampaknya sederhana: deklarasi jamu sehat. Namun dalam perspektif sosiologis, berbagai pengetahuan tentang jamu nusantara yang telah hidup di tengah masyarakat, dalam proses dan status sosialnya, diangkat ke taraf yang membanggakan karena dikonsumsi oleh simbol negara, yakni Presiden Republik Indonesia. Proses sosial selanjutnya, kebiasaan minum jamu Jokowi, meningkatkan kohesivitas antara pemimpin dan rakyat, bahwa ternyata “presiden seperti kita”. Dari situlah jamu bergema sebagai bagian kekayaan peradaban nusantara.

Hal yang sama dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri. Putri Bung Karno yang baru saja menerima gelar profesor ilmu pertahanan bidang kepemimpinan stratejik Universitas Pertahanan tersebut memiliki perhatian yang sama. Rasa cintanya terhadap tanaman, kesadaran terhadap sejarah nusantara sebagai pusat jalur rempah dunia, telah mendorongnya untuk mengadakan Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan pada Awal tahun 2021 yang secara khusus membahas tentang rempah, jamu-jamuan, kekayaan hayati nusantara, berikut budaya yang membentuknya.

Di luar jamu-jamuan, nusantara juga dikenal memiliki resep kuliner paling kaya, yang otentik Indonesia. Setiap daerah memiliki keunggulan kuliner yang khas, dan dibangun dari keaneka ragaman bumbu-bumbuan beraneka rupa. Rendang sebagai contoh. Makanan yang mendapat prestasi sebagai makanan paling enak sedunia tersebut, konon dibentuk oleh lebih dari 54 jenis bumbu-bumbuan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT