Tingkatkan Skill, Personel BPBD Lebak Dilatih Water Resque

Jumat, 11 Juni 2021 19:49 WIB

Share
Personel BPBD Lebak mendapatkan pelatihan penyelamatan bawah air dari Basarnas Banten. (foto: ist)
Personel BPBD Lebak mendapatkan pelatihan penyelamatan bawah air dari Basarnas Banten. (foto: ist)

LEBAK, POSKOTA.CO.ID - Para personel pada Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak mendapat pelatihan tata cara menyelam dari Basarnas Banten di Kantor BPBD Lebak, Rangkasbitung, Kamis (10/6/2021) kemarin.

Pelatihan tersebut dilakukan untuk mempermudahkan para personel tanggap darurat ini dalam melakukan penyelamatan bawah air.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak Febby Rizki Pratama mengatakan, pelatihan itu digelar dalam rangka meningkatkan kemampuan serta lebih mengenal alat scuba atau alat penyelam.

Selain itu, pelatihan dari Basarnas Banten tersebut dilakukan untuk mengasah kemampuan anggota BPBD dalam melakukan penyelamatan. 

"Sehingga bisa mengasah teknik penyelamatan agar menjadi lebih baik dan siap dalam menghadapi bencana serta dapat menyelamatkan sebanyak mungkin korban di lapangan," kata Febby, Jumat (11/6/2021).

Menurut Febby, materi-materi yang diajarkan oleh anggota Basarnas Banten tentang cara memakai serta pengenalan alat selam scuba tersebut.

"Pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Water Rescue ini sangat penting dalam meningkatkan kapasitas anggotan kami dalam menghadapi bencana di air. Apalagi keahlian ini sangat diperlukan dalam operasi penanganan dan evakuasi korban bencana khususnya tentang penyelamatan di air," ujar Febby.

Febby berharap, materi-materi yang disampaikan oleh Basarnas Banten ini dapat menjadi mengetahui serta bisa meningkatkan kemampuan anggota BPBD Lebak.

"Hari ini hanya pengelana saja, selanjutnya akan praktek langsung di laut atau sungai," tandasnya.

Fery Krisna selaku pemateri pengenalan scuba dari Basarnas Banten mengatakan, adanya banyak hal yang perlu diketahui oleh seorang penyelaman (anggota BPBD) ketika akan menggunakan serta dalam darurat ketika ada trabel pada alat tersebut.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar