ADVERTISEMENT

Sebelum Ada Kiriman Sampah Dari Tangsel, Sejumlah Perbaikan TPA Cilowong Harus Jadi Prioritas

Selasa, 8 Juni 2021 12:00 WIB

Share
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto. (foto: Luthfi)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto. (foto: Luthfi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Kondisi Tempat Pembuangan Akhir TPA Cilowong, Taktakan, Kota Serang sudah uzur untuk menerima kiriman sampah dari beberapa daerah di Provinsi Banten.

Sebelum ada kiriman sampah dari Tangsel (Tangerang Selatan), sejumlah hal menjadi skala prioritas yang harus diperbaiki di TPA Cilowong.  Berbagai perbaikan serta penataan sudah menjadi hal mendesak yang harus dilakukan.

Dalam waktu dekat TPA Cilowong akan menerima tambahan pengiriman sampah dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebanyak 400 ton setiap harinya selama kurun waktu tiga tahun.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang Ipiyanto mengatakan, ada beberapa hal yang mendesak harus diperbaiki di TPA Cilowong, seperti pembangunan jalan di dalam kawasan TPA, hanggar, Bronjong sampai eskapator.

"Jalan di dalam kawasan TPA ini penting diperbaiki untuk memudahkan proses pembuangan sampah dari kendaraan," ujarnya, Senin (7/6/2021).

Selama ini, lanjut Ipi, jalan yang ada kondisinya sudah sangat tidak layak, bahkan sering sekali kendaraan pengangkut sampah menggunakan jalan dari timbunan sampah.

"Ini kan sangat berbahaya sekali, sebab kondisi timbunan sampah itu sangat labil," tegasnya.

Selain jalan, hal prioritas yang harus segera diperbaiki itu adalah hanggar. Hanggar yang ada saat ini kondisinya sudah tidak layak lagi.

Bahkan kondisi atapnya yang terbuat dari seng, serta besinya sudah berlubang dan rapuh. Jika ada angin kencang, mungkin saja seng itu bisa terbawa dan menimpa petugas.

"Saat ini hanggar itu digunakan sebagai gudang, karena jika digunakan untuk pengelolaan sampah sudah sangat tidak layak, sebab sejak pertama kali dibangun tahun 2005 silam, sampai saat ini belum ada perbaikan," jelasnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT