ADVERTISEMENT

FGD Poskota: Upas Dinas Perhubungan dari Evakuasi Pasien Covid-19, Hingga Jadi Relawan Uji Coba Vaksinasi

Kamis, 3 Juni 2021 21:20 WIB

Share
Forum Diskusi Grup dengan Poskota di kantor Upas Dinas Perhubungan DKI. (Ifand)
Forum Diskusi Grup dengan Poskota di kantor Upas Dinas Perhubungan DKI. (Ifand)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Terjun di misi kemanusiaan dalam penanganan Covid-19 di ibukota, terus dilakukan jajaran Unit Pengelola Angkutan Sekolah (Upas) Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Pasalnya, selain mengevakuasi warga yang terpapar, mengangkut tenaga kesehatan, awak bus juga ikut menjadi relawan dalam uji coba vaksinasi Covid-19. 

Kepala Upas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ali Murtadho mengatakan, pihaknya akan terus terjun dalam upaya penanganan Covid-19.

Dimana saat ini, sebanyak 53 awak bus sekolah yang ikut menjadi relawan dalam uji coba vaksinasi Covid-19 Anhui zhifei Longcom tahap III yang merupakan produk asal China.

"Sebenarnya yang mendaftar itu ada 100 orang, namun yang lolos seleksi hanya 53 dan bersedia menjadi relawan uji coba vaksinasi Covid-19," katanya, saat menggelar Forum Diskusi Grup dengan Poskota, Kamis (3/6).

Dikatakan Ali, mereka yang terlibat dengan sukarela kembali terjun dalam misi kemanusiaan ini. Jajarannya menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 Anhui zhifei Longcom sebelum didistribusikan untuk masyarakat umum.

"Jadi vaksin Covid-19 Anhui zhifei Longcom ini memang tengah diuji coba oleh tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Bahkan, tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (FK UNPAD) Bandung juga melibatkan 4.000 relawan dari seluruh Indonesia termasuk awak bus sekolah," ujarnya.

Dengan ikut andilnya mereka, kata Ali, tugas mulia dalam misi kemanusiaan ini telah dilakukan awalnya dalam penanganan Covid-19. Karena sebelumnya, mereka juga ikut terlibat dalam evakuasi pasien Covid-19 dan antar jemput tenaga kesehatan di seluruh rumah sakit di Jakarta.

"Ini tentu mental dan keberanian bagi mereka. Makanya untuk menyemangati mereka, kami hanya memberi garansi kepada mereka agar kontrak mereka diperpanjang secara otomatis," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelayanan Upas, M. Ngasir menambahkan, pihaknya sangat bersyukur memiliki awak bus yang selama ini terus terjun dalam misi kemanusiaan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT