Zona Merah Covid-19, Tiga Kecamatan di Karawang Lockdown 

Selasa, 1 Juni 2021 07:00 WIB

Share
Penyekatan di akses masuk Karawang via Kabupaten Bekasi saat arus balik Lebaran. (ist)
Penyekatan di akses masuk Karawang via Kabupaten Bekasi saat arus balik Lebaran. (ist)

KARAWANG, POSKOTA.CO.ID - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengaku prihatin dengan peningkatan kasus Covid-19 di Karawang pasca mudik lebaran. Yang mengherankan penyebaran Covid-19 demikian cepat dengan tingkat kematian cukup tinggi.

Di Karawang telah terjadi klaster keluarga dengan  jumlah yang terpapar 57 orang positif dan 6 meninggal dunia.

"Setelah lebaran ini terjadi klaster keluarga di tiga kecamatan dengan 57 orang dan enam meninggal dunia. Yang mengherankan penyebaran demikian cepat di tiga kecamatan. 3 hari setelah dinyatakan positif 6 orang meninggal dunia. Ini kasus baru di Karawang dan sedang di kaji," kata Cellica, Senin (310/5/2021).

Menurut Cellica, tiga kecamatan di Karawang yaitu Kecamatan Kutawaluya sebanyak 30 orang positif dan 3 orang meninggal, Kecamatan Telagasari 20 positif dan 2 orang meninggal kemudian Kecamatan Cilamaya 7 orang positif dan 1 orang meninggal.

"Mereka terpapar setelah mengikuti Halal Bihalal, kumpul keluarga dan habis mudik," katanya.

Cellica mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Pemkab Karawang mengeluarkan kebijakan lockdown di sejumlah wilayah yang lingkungannya terpapar Covid-19 lebih dari 5 orang. Ada 11 kecamatan masuk dalam zona merah dan 8 kecamatan masuk zona orange. Di wilayah zona merah ini  akan dilakukan lockdown jika ada lebih 5 orang yang terpapar dalam satu RT. "Ada beberapa RT yang sudah kita lakukan lockdown,"  katanya.

Menurut Cellica, dia juga sudah memerintahkan Dinas Kesehatan Karawang untuk melakukan penelitian terkait  Covid-19 ke Kementerian Kesehatan terkait Covid-19. Sebab, Covid-19 penyebarannya demikian cepat dan angka kematian tinggi.

"Kami khawatir dengan penularan Covid-19 pasca lebaran saat ini berbeda.dengan sebelumnya," katanya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar