ADVERTISEMENT

Pemeliharaan Listrik Tanpa Pemadaman, PLN UID Jakarta Hanya Gunakan Unit Gardu Bergerak

Selasa, 1 Juni 2021 02:22 WIB

Share
Pemeliharaan listrik yang dilakukan PLN UID Jakarta Raya tanpa melakukan pemadaman. (foto: poskota/mochamad ifand)
Pemeliharaan listrik yang dilakukan PLN UID Jakarta Raya tanpa melakukan pemadaman. (foto: poskota/mochamad ifand)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

CAKUNG, POSKOTA.CO.ID - Terobosan PLN UID Jakarta Raya dalam pemeliharaan listrik ternyata hanya mengunakan sebuah Unit Gardu Bergerak (UGB). Dengan mengunakan alat itulah, pemeliharaan gardu distribusi listrik 20 kilo Volt di Cluster Victoria, Metland Menteng, Cakung, Jakarta Timur, dilakukan tanpa adanya pemadaman, Senin (31/5/2021).

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan, terobosan yang dilakukan pihaknya dalam pemeliharaan listrik ini hanya dengan menggunakan UGB berupa kendaraan truk. UGB dengan peralatan layaknya gardu distribusi di dalamnya, akan menggantikan fungsi gardu listrik yang dipelihara untuk sementara.

"Inovasi ini sudah dikembangkan sejak 2020 dan sudah diimplementasikan dan hasilnya seperti ini," katanya, Senin (31/5/2021).

Doddy menerangkan, untuk gardu distribusi listrik 20 KV itu sendiri berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik dari tegangan menengah menjadi tegangan rendah. Selanjutnya, pemeliharaan pun bisa dilakukan tanpa adanya pemadaman listrik.

"Pemeliharaan listrik ini berasal dari tegangan menengah kemudian masuk ke trafo, di trafo ada yang namanya kubikel atau berupa switching kemudian masuk ke tegangan rendah lalu akan menyalurkan listrik ke pelanggan,” ujarnya. 

Doddy menambahkan, yang dilakukan pihaknya adalah petugas memparalelkan antara trafo yang eksisting dengan trafo bergerak. Hal itu sama-sama perlu kubikel, setelah dipastikan kita paralel, maka trafo yang akan dipelihara dan kubikel yang akan dipelihara dilepas.

"Sehingga dalam pemeliharaan gardu itu pun tak perlu terjadi pemadaman, karena terobosan yang diciptakan ini," sambungnya.

Menurut Doddy, apabila seluruh rangkaian itu telah rampung dan proses pemeliharaan sudah selesai, maka nanti urutan yang sama dibalik. Durasinya pengerjaan pun tergantung situasi dan kondisi di lapangan.

“Kalau sudah siap semua, persiapan switching antara 30 menit sampai 1 jam, tergantung kondisi lapangan. Kalau perpindahan listrik nggak sampai satu menit,” ungkapnya. 

Untuk gardu distribusi 20 KV di wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya, sambung Doddy, saat ini berjumlah 14.273 per Mei 2021. Hanya saja tidak semua gardu distribusi dipelihara tanpa pemutusan aliran listrik.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT