Mas Koes… Mas Otoy… Selamat Jalan

Selasa, 1 Juni 2021 10:28 WIB

Share
R Koeswondo DS (bertopi) bersama aktor Panji Pragiwaksono dan Ferdi Nuril saat persiapan pembuatan Film DOA (Doyok, Otoy, Ali Oncom ). (foto: ist)
R Koeswondo DS (bertopi) bersama aktor Panji Pragiwaksono dan Ferdi Nuril saat persiapan pembuatan Film DOA (Doyok, Otoy, Ali Oncom ). (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Innalillahi wa inna ilaihi rojiun… Seperti tersambar geledek rasanya, air mata tanpa terasa deras menetes saat mendengar kabar R Koeswaondo DS meninggal dunia.

Saya tak menyangka beliau, kartunis ‘Otoy’ ini, berpulang begitu cepat, karena seminggu yang lalu Almarhum masih berkomunikasi dengan saya melalaui hape menanyakan kelanjutan pembayaran royalti Film “DOA”-nya. Tokohnya memang dilayar lebarkan bersama Doyok dan Ali Oncom.

Mas Otoy atau Mas Koes, begitu saya memanggilnya. Pria hitam, kurus dan tinggi lahir di Kutoarjo 60 tahun lalu dan besar di lingkungan yang padat penduduk, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sehingga kartun Otoy ciptaannya pun lekat dengan kehidupan keseharian masyarakat Kemayoran.

R. Koewondo Ds bergabung dengan Lembergar Poskota pada tahun 1985, mulanya adalah penggambar komik misteri kemudian menciptkan tokoh Otoy, bersanding dengan tokoh Doyok dan Ali Oncom.

Tokoh Otoy mampu menarik banyak penggemar dan ini juga yang melambungkan namanya sebagai kartunis. Walaupun begitu, Koeswondo Ds tetaplah Koswondo, sama seperti tokoh Otoy ciptaannya. Hidupnya tetap sederhana bahkan sangat sederhana.

Selain menggambar, Mas Koes hobi sekali memancing. Seringkali hobinya ini membuat istrinya marah karena uang belanja bulanannya selalu 'ditilep' buat membeli umpan pancing. “Cha, Tahu rasanya saat menarik kail pancing ? Rasanya nikmat seperti seperti menikmati malam pertama.” Itu alasan yang almarhum berikan kepada saya saat saya menanyakan perihal hobinya memancing.

Mas Koes telah pensiun dari Poskota pada 2015 lalu. Kini karyanya saya dan teman-teman yang melanjutkannya. Dari Kemayoran ke Cilebut, di Gang Yasi Celebut yang sempit inilah kakak, senior dan rekan kerja yang sangat baik, R Koeswondo DS berpulang menghadap Allah SWT dengan semua kesederhanaannya.

Saya dan semua teman di sini sangat kehilanganmu. Selamat jalan Mas Koes, doa kami selalu untukmu. Semoga Allah SWT mengampuni segala dosa dan kesalahannya dan menerima segala amal ibadahnya. Aamiin ya robbal alamin. (ucha)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar