ADVERTISEMENT

PLN Lakukan Pemeliharaan Gardu Distrik Listrik Tanpa Pemadaman

Senin, 31 Mei 2021 15:08 WIB

Share
PLN tengah melakukan pemeliharaan gardu listrik tanpa pemadaman. (ist)
PLN tengah melakukan pemeliharaan gardu listrik tanpa pemadaman. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PLN tetap melakukan pemeliharaan gardu distribusi listrik 20 kilo Volt tanpa memutus aliran listrik sementara.

Hal ini bertujuan meningkatkan kenyamanan pelanggan yaitu menjaga keandalan distribusi listrik karena gardu terpelihara dengan baik serta saat pemeliharaan tidak ada pemutusan aliran listrik sementara. 

PLN menggunakan Unit Gardu Bergerak (UGB) berupa kendaraan truk dengan peralatan layaknya gardu distribusi di dalamnya. UGB tersebut menggantikan fungsi gardu listrik yang dipelihara untuk sementara.

Gardu distribusi listrik 20 KV itu sendiri berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik dari tegangan menengah menjadi tegangan rendah. 

"Kami rutin melakukan pemeliharaan gardu distribusi listrik supaya tetap bekerja dalam kondisi yang optimal," kata Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Senin (31/5/2021)

Peralatan selain UGB yang digunakan untuk pemiharaan gardu tanpa pemutusan listrik sementara antara lain panel switch, live adjustable connector live set, safety levering tripod, HV telescopic shotgun hook, dan kabel bantu baik tegangan menengah maupun kabel tegangan rendah.  "Inovasi ini sudah dikembangkan sejak 2020 dan sudah diimplementasikan," tambah Doddy. 

Gardu distribusi 20 kV yang ada di wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya sendiri berjumlah 14.273 per Mei 2021. Namun, tidak semua gardu distribusi dipelihara tanpa pemutusan aliran listrik. 

"Ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan dipelihara menggunakan bantuan UGB seperti gardu yang tidak bisa diakses UGB, tipe gardu portal murni, dan jaringan non spindel," jelas Doddy. 

Selain itu jumlah UGB yang masih terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah gardu distribusi juga menyebabkan tidak semua gardu dipelihara dengan bantuan UGB. 

"Dalam sebulan di wilayah Jakarta dan sekitarnya ada kurang lebih 300 gardu yang dipelihara dan sepertiganya sudah menggunakan metode minim padam," terang Doddy. 
 

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT