ADVERTISEMENT

Cegah Penyebaran Covid-19,Terapkan Protokol Kesehatan

Senin, 31 Mei 2021 23:23 WIB

Share
Ilustrasi Virus Corona. (ist)
Ilustrasi Virus Corona. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Oleh: Firas Azizah

VIRUS Covid-19 ditemukan pertama kali di Wuhan, Provinsi Hubei China.

Semenjak tanggal 26 Desember 2020 seorang dokter sudah menemukan empat (4) jenis pneumonia yang tidak biasa sampai dengan dilakukan pemeriksaan, lalu dilaporkan kepada CDC setempat.

Saat tanggal 7 Januari 2020 baru mampu mengonfirmasi adanya Covid-19 (Sars-COV2) yang termasuk ke dalam virus baru.

Salah satu karakteristik virus adalah sangat mudah bermutasi.

Ada beberapa tipe mutasi yang terjadi dari virus corona yaitu 1) Tipe A, 2) bermutasi dua kali menjadi tipe B, dan 3) tipe B juga bermutasi kembali menjadi tipe C. Virus corona mempunyai kemampuan bertahan dengan baik.

Ini sangat menarik karena untuk memutus rantai penularan serta ketika kita mengetahui ini ternyata virus corona dapat bertahan dalam waktu yang berbeda sehingga kita harus meningkatkan kewaspadaan dan rentang waktu tersebut.

Selain itu juga dipengaruhi oleh temperature (semakin tinggi temperature semakin pendek masa hidupnya), cahaya matahari (semakin banyak cahaya matahari yang didapatkan juga semakin pendek masa hidupnya (tidak menghilangkan sama sekali namun lebih pendek), dan densitas partikel virus (semakin sedikit maka akan semakin sedikit juga masa hidupnya).

Berdasarkan Keputusan Presiden No. 12 Tahun 2020 Pandemi Covid-19 bisa dinyatakan sebagai bencana non-alam dan bencana nasional.

Fenomena ini dapat kita lihat karena adanya virus di udara, dalam aspek biologis merupakan bentuk “pencemaran udara”.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT