ADVERTISEMENT

DPR Minta Menteri Agama Lakukan Diplomasi Kuota Haji 2021

Senin, 24 Mei 2021 20:37 WIB

Share
Yandri Susanto. (ist)
Yandri Susanto. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kuota jamaah haji 2021 untuk Indonesia belum juga jelas.

Meski pemerintah Arab Saudi sendiri sudah memberi sinyal akan adanya pelaksanaan Ibadah Haji secara terbatas dengan kuota tertentu.

Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto mengatakan, bahwa dari awal rapat kerja dengan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas perlu diplomasi antara pemerintah Indonesia.

"Kita dari awal raker dengan Pak Menteri beberapa kali pas rapat panja haji diplomasinya perlu ditingkatkan," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/5/2021).

Yandri Susanto  merespons keputusan Saudi yang membatasi jemaah Haji 2021 sebesar 60.000 orang di seluruh dunia karena pandemi Covid-19.

"Kita dari awal waktu rapat kerja dengan Menteri beberapa kali termasuk rapat Panja Haji, diplomasinya mungkin perlu ditingkatkan ya," ujar Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/5/2021).

Yandri mengungkapkan, beberapa anggota Komisi VIII bahkan mengingingkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun langsung berkomunikasi dengan Raja Salman.

Pasalnya, kedua pemimpin negara tersebut memiliki hubungan yang cukup dekat.

Faktor tersebut bisa dijadikan agar Indonesia mendapatkan slot untuk memberangkatkan jemaah Haji 2021.

"Kalau misalkan negara lain mengirimkan calon jemaah haji, sementara Indonesia tidak mengirimkan itu menurut saya ada sesuatu yang sangat kurang di tanah suci," ucap Yandri. (rizal)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT