ADVERTISEMENT

UMKM : Penyadang Disabilitas Dapat Modal untuk Memulai Usaha

Jumat, 21 Mei 2021 15:34 WIB

Share
Pemberian gerobak ke penyadang disabilitas demi meningkatkan perekonomian mereka. (Ifand)
Pemberian gerobak ke penyadang disabilitas demi meningkatkan perekonomian mereka. (Ifand)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bantu para penyandang disabilitas meningkatkan perekonomian mereka, pemerintah kota (Pemkot) Jakarta Timur mengajak mereka untuk menjadi pelaku usaha. 

Dengan menyiapkan 15 gerobak Usaha Kecil Menengah (UKM) diharapkan mereka bisa menjadi pengusaha kecil yang sukses.

Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, pemberian gerobak usaha tersebut mendukung Program Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk menyejahterakan warga.

"Karena itu, kami berikan 15 gerobak UKM kepada penyandang disabilitas Rumah Aspirasi Tuna Netra Indonesia agar mereka bisa memulai usaha," katanya, Jumat (21/05/2021).

Dikatakan Anwar, suksesnya pendistribusian gerobak itu sendiri berkat dukungan dari PT. Sarana Jaya, Baznas Bazis Kota Jakarta Timur, PT. Antam, Bank DKI, dan PT. Indomarco dengan meluncurkan Warung JakPreneur bagi penyandang disabilitas. 

Dan diharapakan ini bisa membantu mereka dalam memulai usaha. 
"Ini dilakukan agar mereka tidak kesulitan berjualan seperti dipinggir jalan yang melanggar Peraturan Daerah (Perda) 8/2007 Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum," ujarnya.

Anwar menambahkan, para disabilitas ini nantinya dapat berjualan di mini market dekat tempat tinggal mereka dan mereka ini kita perioritaskan serta kita lakukan pembinaan.

Dan untuk terlaksananya itu pihaknya akan terus mendukung demi memudahkan mereka. "Artinya, dibalik keterbatasan mereka kita ingin kemandirian untuk maju dan bersaing dalam perekonomian,” ungkap walikota Anwar.

Sementara itu, Yogi Matsun selaku Sekretaris Rumah Aspirasi Tuna Netra Indonesia mengaku bersyukur dari apa yang diterima bagi kesejahteraan disabilitas.

Sebab, sebagian mereka mencari rezeki dengan berjalan kaki menjual kerupuk serta juru pijat, dan dengan adanya bantuan fasilitas usaha ini berikut pemodalanya pastinya sangat bermanfaat.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT