ADVERTISEMENT

Kotret Gelar Kegiatan Sosial yang Berhubungan dengan Fotografi

Jumat, 14 Mei 2021 15:40 WIB

Share
Komunitas Taman Potret (Kotret). (fernando toga)
Komunitas Taman Potret (Kotret). (fernando toga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Tak hanya sekedar nongkrong dan hunting foto, Komunitas Taman Potret (Kotret) juga kerap melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang berhubungan dengan fotografi. 

Dengan menggandeng sejumlah wartawan tulis, Kotret memberikan pembelajaran terhadap sejumlah anak jalanan tentang teknik jurnalistik. 

Adrianto, Ketua Kotret menuturkan pembelajaran bagi anak jalanan tersebut dilakukan agar mereka memiliki keahlian dibilang fotografi maupun menulis. 

"Kita kolaborasi juga dengan teman-teman wartawan tulis. Jadi kita ajari mereka (anak jalanan) fotografi dan nulis juga," ujar Adri saat ditemui di Basecamp Kotret, Museum TMP Taruna, Jumat (14/5/2021). 

Selain anak jalanan, Kotret juga beberapa kali melakukan pelatihan terhadap anak-anak warga binaan yang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Anak, Tangerang. 

Dengan menggunakan peralatan seadanya, para warga binaan dilatih untuk memiliki keterampilan memotret, sehingga diharapkan dapat memperbaiki kehidupannya saat bebas nanti. 

"Di Lapas Anak, kita sempet beri pelatihan fotografi dengan kamera lubang jarum, karena kita mengarahnya mereka di dalam (lapas) enggak ada alat untuk motret, makannya kita ajari memotret dengan peralatan yang ada di mereka," katanya. 

Dirinya mengaku dalam memberi pelatihan kepada anak jalanan dan warga binaan di Lapas Anak selalu menekankan agar mereka jangan terpaku terhadap alat yang digunakan untuk memotret. 

Ia meminta agar para peserta pelatihan itu memaksimalkan peralatan yang dimiliki mereka untuk belajar tentang fotografi. 

"Kita tekanan, jika ingin belajar fotografi, jangan terpaku dengan alat dulu. Apa yang bisa kita pergunakan, apa yang bisa kita pakai untuk motret, ya kita maksimalkan disitu," kata Adri. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT