ADVERTISEMENT

Komunitas Taman Potret, Berawal dari Sekumpulan Wartawan Foto di Tangerang

Jumat, 14 Mei 2021 16:31 WIB

Share
Komunitas Taman Potret (Kotret). (fernando toga)
Komunitas Taman Potret (Kotret). (fernando toga)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Berawal dari memiliki hobi dan profesi yang sama, membuat sejumlah wartawan foto (foto jurnalis) yang berada di Tangerang membikin sebuah wadah yang diberi nama Komunitas Taman Potret (Kotret). 

Adrianto, Ketua Kotret mengatakan, awalnya komunitas ini merupakan sekumpulan fotografer yang bekerja di sejumlah media yang melakukan aktivitas liputan di seputar wilayah Tangerang.

Namun lantaran peminatnya banyak hingga akhirnya komunitas Kotret tidak hanya diisi oleh wartawan foto saja, tetapi mulai dari pelajar, mahasiswa hingga pekerja kantoran.

"Karena melihat minat fotografi yang cukup besar, selain itu kita juga mau membagi ilmu yang kita punya, jadi kita bisa mengajari temen- temen yang hobi fotografi untuk belajar foto jurnalistik juga," ujar Adri kepada Poskota.co.id, Jumat (15/5/2021). 

Adri mengaku anggota komunitas yang beranggotakan 40an orang tersebut diketahui setengahnya merupakan wartawan foto dan siap berbagi ilmu tentang foto jurnalistik kepada anggota yang lain.

"Hampir setengahnya merupakan jurnalis, ada foto jurnalis, video jurnalis, ada yang Reporter juga, tapi mereka hobi moto juga. Untuk Basecamp (tempat ngumpul) kita dapat tempat di museum TMP Taruna," katanya.

Untuk itu, lanjut Adri, dirinya bersama anggota komunitas lainnya selalu berbagi ilmu tentang fotografi sebagai sarana pembelajaran bersama.

"Kita sebenarnya ingin merangkul semua teman yang hobi fotografi, supaya kita bisa belajar bareng. Kita dari temen-temen jurnalis butuh ilmu dari fotografi yang lain dan kita juga membagi ilmu fotografi jurnalistik kita ke kawan-kawan yang lain," katanya. 

Dirinya mengaku awalnya anggota Kotret sering melakukan kegiatan hunting (berburu) foto bareng.

Namun lantaran motor penggeraknya merupakan wartawan yang memiliki penugasan dari media, maka kegiatan hunting foto tersebut jarang dilakukan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT