ADVERTISEMENT

Dandim 0501 Jakpus Tingkatkan Langkah Preventif Cegah Kerumunan di Malam Takbiran

Rabu, 12 Mei 2021 22:25 WIB

Share
Wali Kota Jakpus, Dhany Sukma (cr05)
Wali Kota Jakpus, Dhany Sukma (cr05)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Komandan Kodim 0501 Jakarta Pusat, Kolonel Inf. Lukman Arief mengungkap strategi mencegah kerumunan malam takbiran ini.

Dia mengatakan, tim gabungan Polri, TNI dan Pemkot Jakarta Pusat bakal mencegah sebelum kerumunan masyarakat terjadi. 

"Jadi kita buat strategi, daerah-daerah kerumunan sebelum diduduki oleh masyarakat atau warga itu sudah kita duduki terlebih dahulu," kata Luqman usai hadiri apel persiapan pasukan pengamanan malam takbir di silang Monas, Rabu (12/5/2021) sore.

Dengan cara itu, masyarakat yang hendak berkerumun di titik-titik yang sudah teridentifikasi di Jakarta Pusat, bisa diimbau untuk kembali ke rumah masing-masing. 

Menurutnya cara itu diyakini efektif karena polanya hampir sama setiap tahun. 

"Selain itu, nanti kita juga siapkan patroli bersama tiga pilar untuk mengecek keliling lokasi-lokasi maupun pelosok-pelosok yang memang kemungkinan tempat untuk masyarakat berkerumun," sebutnya. 

Berdasarkan informasi lapangan yang dia terima dan dicermati, bahwa apabila masyarakat tidak diingatkan untuk tidak berkerumun, potensi kerumunan malam takbiran ini masih bersifat tidak pasti.

Maka dari itu, tim gabungan dikatakannya tetap harus bergerak untuk mencegah kerumunan itu terjadi. 

"Kalau kami analisa, fifty-fifty kalau kami tidak Ingatkan. Sebelum itu kami sudah sosialisasi juga kepada masyarakat agar tidak takbir keliling maupun berkerumun," katanya.

Untuk memperkuat barisan pengamanan, pihaknya juga menurunkan 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang bersifat mobile maupun yang standby di lokasi lokasi tertentu. (cr-5)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT