Sore Ini, Kemenag Gelar Sidang Isbat Penentuan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H

Selasa, 11 Mei 2021 13:38 WIB

Share
Dirjen Bimas Islam Kemenag Prof Kamaruddin Amin. (ist)
Dirjen Bimas Islam Kemenag Prof Kamaruddin Amin. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) nanti sore, pk.  17:00 WIB akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1442 H.

Demikian disampaikan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Prof Kamaruddin Amin di Jakarta, Selasa (11/5/2021). Sidang Isbat kali ini akan berlangsung di Kantor Kemenag, Jl. MH Thamrin, Jakarta.

Kamaruddin menerangkan Sidang Isbat akan dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, perwakilan anggota DPR dari Komisi VIII, serta dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Selain itu, lanjut Kamaruddin, juga dihadiri perwakilan dari duta besar negara sahabat, serta perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam.

"Sidang Isbat digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan jumlah peserta sidang yang terbatas," terang Kamaruddin. 

Ia menambahkan pelaksanaan Sidang Isbat akan dimulai pada pukul 17:00 dengan pemaparan posisi hilal (bulan),  kemudian setelah azan maghrib dilakukan sidang secara tertutup yang dipimpin menteri agama.

"Setelah itu, Menteri agama akan mengumumkan hasil sidang kepada masyarakat tentang penetapan Idul Fitri," papar Kamaruddin.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Lebaran atau Idul Fitri, 1 Syawal 1442 H jatuh pada hari Kamis tanggal 13 Mei 2021.

Banyak masyarakat yang memperkirakan bahwa Lebaran tahun ini serentak pada hari Kamis, tanggal 13 Mei 2021. (johara)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar