ADVERTISEMENT

Terkait Ratusan WNA China Masuk Indonesia, Satgas Udara Penanganan Covid-19: Yang Dilarang Itu WNA Tujuan Berwisata 

Minggu, 9 Mei 2021 03:47 WIB

Share
Komandan Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Tek Sunu Eko Prasetyo. (toga) 
Komandan Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Tek Sunu Eko Prasetyo. (toga) 

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Komandan Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Tek Sunu Eko Prasetyo mengatakan tidak ada larangan bagi Warga Negara Asing (WNA) yang masuk ke Indonesia kecuali dengan tujuan wisata. 

Menurutnya hal tersebut telah diatur dengan ketentuan yang tertera dalam Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Selama ini WNA tidak dilarang, artinya yang dilarang berpariwista atau berpergian (jalan-jalan) ke Indonesia. Untuk WNA yang datang Indonesia memang sudah diatur dengan ketentuan ketentuan yg sudah ditetapkan SE 8 atau SE 13," ujar Sunu kepada poskota.co.id, Sabtu (8/5/2021). 

Sunu mengatakan, berdasarkan surat tersebut tidak ada pembatasan warga negara asing kecuali yang melakukan perjalanan dari India.  "Pemerintah saat ini juga tidak ada pembatasan warga negara asing, khususnya china untuk masuk keluar wilayah Indonesia," katanya. 

Namun Sunu membantah adanya penerbangan dari China yang masuk ke Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (8/5/2021). 

Dirinya menduga para WNA tersebut masuk dengan menggunakan pesawat charter. 

"Untuk schule hari ini tidak ada (penerbangan dari China). Kemungkinan kalau ada charter filght. Untuk saat ini kita belum monitor, 1-2 jam berikut baru diberitahu," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Warga Negara Asing (WNA) asal China kembali masuk ke Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu (8/5/2021) pagi. 

Para WNA tersebut datang dari Guangzhou - China dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ-387. 

Pesawat tersebut diketahui mendarat pukul 05.09 WIB dengan penumpang 160 orang yang terdiri 157 WNA dan 3 orang WNI. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Fernando Toga
Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT