ADVERTISEMENT

Barang Bekas Beracun MusnahkanJanganlah Didaur Ulang, Berbahaya

Senin, 3 Mei 2021 09:45 WIB

Share
Karikatur Sental-sentil: Barang Bekas Beracun Musnahkan Janganlah Didaur Ulang, Berbahaya
Karikatur Sental-sentil: Barang Bekas Beracun Musnahkan Janganlah Didaur Ulang, Berbahaya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

APA itu barang bekas? Ah, nggak usah ditanyalah. Semua orang juga tahu, bahwa itu barang  bukan lagi baru dari toko atau pabrik. Jadi  pernah dipakai oleh orang, maka jadilah barang bekas.

Barang bekas, bergunakah? Tentu saja masih, dan bisa jadi sangat berguna bagi orang lain. Lihat saja, pakaian bekas sangat bisa berguna bagi orang yang memang nggak mampu beli yang baru. Tapi pernah ada lho itu baju daleman bekas artis diburu? Dan harganya juga nggak tanggung-tanggung, puluhan juta.

Mobil bekas dan banyak lagi barang yang serba bekas yang bisa sangat berguna dan dibutuhkan bagi orang lain. Mobil bekas, banyak diburu jelang lebaran dan hari-hari besar. Biarlah pulang kampung dilarang, tapi kan bisa untuk keperluan lebaran lain, berkunjung ke sanak family atau ke tempat rekreasi. Bolehkan? Nah asyik kan kalau pakai mobil pribadi, soal bekas nggak masalah, kan banyak kendaraan bekas tapi keren dan meluncur seperti baru. Jadi nggak masalah,Bung!

Banyak ya, barang bekas yang masih berguna dan sangat digandrungi oleh banyak orang. Bukan mobil dan motor saja, tapi bisa pada barang lain. Barang-barang antik, sangat diburu walau harganya luar biasa mahal. Ya, semua tergantung barangnya sih. kalau itu punya nilai sejarah yang luar biasa maka harganya bisa mahal.

Pernah nongkrong di pasar barang bekas? Di Jalan Surabaya, Jakarta Pusat atau di Taman Puring Jakarta Selatan. Banyak orang yang ngabuburit di situ, mereka bukannya memburu makanan atau tajil, tapi mencari barang bekas. Banyak yang begitu? Ya, misalnya cari kaset bekas, piringan hitam bekas.

Barang barang bekas yang sangat diburu oleh masyarakat, batu cincin, batu permata, berlian bekas? Yang ini nilainya tetap mahal biar bekas juga.

Tapi, kita juga harus tahu dan sadarlah jangan sembarangan memakai atau menggunakan barang bekas yang bisa jadi sangat membahayakan kesehatan dan mengancam  nyawa, karena beracun. Barang bekas yang seharusnya dibuang, jangan didaur ulang.

Tuh, yang lagi heboh. Masa alat medis bekas masih digunakan. Gawat. Ya, gawat sangat gawat, ini dilakuan justru oleh para oknum petugas yang mengerti tentang pengobatan berkaitan corona.

Kasus di Sumatra Utara tersebut, para oknum nekat menggunakan material medis bekas yang digunakan lagi untuk orang lain. Alat tersebut sebelumnya sudah dipakai sebagai pendeteksi kesehatan yang seharusnya dimusahkan, kok malah digunakan kembali.

Coba bayangkan, ini kan sangat membahayakan bagi kesehatan dan keselamatan. Karena bisa menularkan penyakit yang sangat ditakuti bagi masyakat luas tersebut. Bisa jadi bukan sekadar orang menjadi sakit tapi bisa mati karenanya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Berita Terkait

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT