ADVERTISEMENT

Polda Banten akan Lakukan Pengawalan dan Pengamanan Aksi Mayday dengan Prokes yang ketat

Jumat, 30 April 2021 21:45 WIB

Share
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto.(Ist)
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Polda Banten dan Polres Jajaran lakukan pengawalan dan pengamanan rencana giat serikat buruh pada peringatan Hari Buruh (Mayday) Sabtu (01/05/21) besok.

"Kami arahkan pola aksi unjuk rasa menjadi kegiatan yang lebih positif dan humanis seperti bentuk kegiatan aksi bantuan dan baksos seperti santunan karyawan korban PHK, pembagian masker, santunan anak yatim, pembagian sembako atau sosialisasi protokol kesehatan," ungkap Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, Jumat (30/4/2021).

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto mengatakan dalam peringatan Mayday tahun 2021 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini karena masih pandemi Covid-19, jadi agak sedikit berbeda. Kali ini kami dari jajaran Polda Banten sudah melakukan kordinasi dan komunikasi dengan teman teman Serikat buruh baik di kota maupun tingkat provinsi," kata Kapolda.

Kapolda mengatakan dalam upaya menjalin komunikasi, pihaknya mengarahkan untuk kegiatan Mayday pola aksi unjuk rasa menjadi kegiatan yang lebih positif dan selalu mengedepankan protokol kesehatan, diantaranya kegiatan seminar virtual buruh.

"Seandainya ada beberapa kelompok buruh yang akan ke Jakarta, maka kita akan melakukan pengawalan dan pengamanan. Begitupun dengan massa buruh yang melaksanakan kegiatan di wilayah hukum Polda Banten, dengan diawali dengan pemeriksaan swab antigen, menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata mantan Kadiv Hukum Polri.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menambahkan jika jumlah buruh yang akan mengikuti aksi Mayday sebanyak 415 orang dari 8 elemen buruh se kab/kota yang ada di Banten. Untuk pengamanan itu, kata Edy, Polda Banten akan menurunkan 300 personil yang bertugas pengamanan ke polres jajaran dengan meneruskan satgas Covid-19 bersama teman-teman TNI, Polri dan Satpol PP.

"Aksi Mayday besok akan diisi dengan giat-giat baksos seperti yang dijelaskan Kapolda tadi. Pelaksanaan baksos sendiri dilakukan di masing-masing wilayahnya. Seperti FSPMI Tangerang raya akan melakukan baksos pembagian 2000 paket takjil di depan gerbang Citra raya dan jalan baru Tigaraksa kabupaten Tangerang, KSPSI 1973 Pandeglang akan melakukan santunan anak yatim dan buka bersama di hotel mutiara Carita Pandeglang dan yang lainnya," jelas Edy Sumardi.

Kabidhumas juga mengapresiasi para Serikat Buruh yang mau merubah bentuk pola aksi unjuk rasa menjadi bentuk kegiatan aksi sosial.

"Semoga aksi sosial yang dilakukan oleh para serikat buruh dapat bermanfaat bagi yang menerimanya. Dan semoga kegiatan besok berjalan dengan lancar dan jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi peningkatan angka penularan Covid-19," tandasnya. (kontributor banten/rahmat haryono)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT