Wacana Pelonggaran Mudik untuk Santri Ditolak, Menag Yaqut: Tak Ada Dispensasi Mudik

Rabu, 28 April 2021 16:51 WIB

Share
Gus Yaqut. (ist)
Gus Yaqut. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dengan tegas tak akan berikan dispensasi mudik lebaran untuk santri.

Langkah ini dilakukan, demi mencegah lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia, yang hingga kini masih mengkhawatirkan.

Kendati demikian, Yaqut juga beberkan sejumlah pesantren sempat mengakui kebijakan larangan mudik itu dirasa cukup berat.

 

“Untuk itu kami meminta dengan sangat hormat kepada para pengasuh, santri maupun orang tua santri untuk bisa memahami aturan ini demi menjaga keselamatan jiwa kita bersama dari ancaman paparan virus Covid-19,” ujar Yaqut, Rabu (28/4/2021).

Melalui Surat Edaran (SE) No 04 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021, Yaqut meminta masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan.

Wapres RI Ma'ruf Amin, dikabarkan sebelumnya meminta agar para santri di sejumlah pesantren diberi dispensasi untuk bisa mudik.

 

Namun Maruf langsung klarifikasi dsn menegaskan bahwa dirinya tak meminta dispensasi atau kelonggaran larangan mudik bagi santri.

Ma’ruf akui cuma ingin memfasilitasi kekhawatiran tidak bisa mudik para santri sebelum larangan mudik diberlakukan, tanggal 6-17 Mei 2021. (cr09)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar