ADVERTISEMENT

Tepat Hari Ini Museum Nasional Berulang Tahun Ke-243, Begini Asal Mula Sejarah Terbentuknya!

Sabtu, 24 April 2021 14:47 WIB

Share
Muesum Nasional (Museum Gajah) Jakarta (ist)
Muesum Nasional (Museum Gajah) Jakarta (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Tepat pada hari ini, Sabtu (24/4/2021) Museum Nasional Republik Indonesia merayakan hari ulang tahun ke-243.

Museum Nasional Republik Indonesia atau biasa disebut sebagai Museum Gajah merupakan sebuah museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang berlokasi di Gambir, Jakarta Pusat.

Perlu Anda ketahui bahwa Museum Gajah ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Lantas, bagaimana asal mula sejarah dari terbentuknya Museum Gajah ini sehingga bisa sampai dengan hari ini  berdiri kokoh diusianya yang ke-243 tahun? Melansir dari situs resmi museumnasional.or.id, berikut kami buatkan sejarah singkat berdirinya.

Museum Nasional didirikan oleh Pemerintah Belanda pada tanggal 24 April 1778 dan awalnya bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen.

Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) merupakan lembaga independen yang didirikan untuk tujuan memajukan penelitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang-bidang ilmu biologi, fisika, arkeologi, kesusastraan, etnologi dan sejarah.

Lembaga tersebut mempunyai semboyan “Ten Nutte van het Algemeen” (Untuk Kepentingan Masyarakat Umum).

JCM Radermacher, Salah seorang pendiri lembaga menyumbangkan sebuah rumah miliknya di Jalan Kalibesar, suatu kawasan perdagangan di Jakarta-Kota.

Jumlah koleksi milik BG terus neningkat hingga museum di Jalan Majapahit tidak dapat lagi menampung koleksinya.

Pada tahun 1862, pemerintah Hindia-Belanda memutuskan untuk membangun sebuah gedung museum baru di lokasi yang sekarang, yaitu Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 (dutu disebut Koningsplein West).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT