Menko Airlangga Optimis Pembayaran THR Bisa Dongkrak Kebangkitan Perekonomian

Jumat, 23 April 2021 17:17 WIB

Share
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (foto: istimewa)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (foto: istimewa)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan untuk membangkitkan perekonomian menjelang Lebaran ini pemerintah mendorong pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dengan jumlah mencapai Rp150 triliun.

"Pemberian THR sekitar Rp150 triliun bisa mendorong perekonomian Indonesia," terang Airlangga dalam keterangannya secara virtual di Jakarta, Jumat (23/4/2021).

Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, pemberian THR tidak hanya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, dan TNI melainkan juga untuk sektor tenaga kerja swasta sebesar Rp150 triliun.

"Ada uang yang beredar di tengah masyarakat sebesar itu, dan itu akan mendorong satu persen dana yang akan beredar di publik,” papar Airlangga.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan tunjangan hari raya (THR) PNS pada tahun ini akan dibayar pada H-10 sampai dengan H-5 Lebaran.

"Hari ini seperti biasa kami sampaikan (THR) akan dibayarkan pada H-10 nanti sampe H-5, karena biasanya bertahap," katanya.

Ia menambahkan untuk membayarkan THR, pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp30,6 triliun. Dari jumlah itu, Rp14,8 triliun di antaranya akan digunakan untuk membayar THR PNS di daerah.

Keterangannya lainnya, Airlangga juga mengakui bahwa perekonomian Indonesia saat ini sudah mengarah kepada situasi yang positif. Dia mencatat beberapa indikator ekonomi mulai membaik pada tiga bulan pertama 2021.

"Kami ingin update, situasi perekonomian kita relatif memberikan tanda-tanda positif dan kalau kita lihat bahwa proyeksi ke arah recovery," terangnya.

Indikator tersebut di antaranya konsumsi yang ditandai dengan peningkatan indeks keyakinan konsumen ke level 93.40 dan penjualan ritel yang sudah membaik meskipun masih di teritori negatif.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar