JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PLN bekerjasama dengan anak perusahaannya Haleyora Power mengembangkan aplikasi PLN Mobile dengan menambahkan fitur ListriQu.
Melalui layanan ini pelanggan dapat menyampaikan pengaduan terkait masalah instalasi listrik dari rumah. Sebagai pilot project, layanan ini tersedia untuk pelanggan di Jakarta.
Peresmian fitur baru ini dilakukan secara go-live di Balai Sudirman, Jakarta oleh Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril, Jumat (23/4/2021).
“PLN berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, oleh karena itu, PLN akan terus mengembangkan fitur-fitur di PLN Mobile agar semakin maksimal dan memudahkan pelanggan dalam mendapatkan layanan PLN,” terang Bob Saril.
Untuk diketahui, PLN hanya berwenang untuk menyediakan dan memelihara kelistrikan mulai dari pembangkit hingga ke kWh Meter pelanggan. Sedangkan untuk instalasi listrik dalam rumah menjadi tanggung jawab pelanggan.
Berikut langkah-langkah menggunakan fitur ListriQu via PLN Mobile:
1. Pilih menu “Pengaduan”
2. Pilih jenis aduan “Gangguan Instalasi Pelanggan”
3. Pilih ID Pelanggan/Nomor Meter,
4. Kirim pengaduan
Pelanggan juga dapat melakukan pengecekan status pengaduan
1. Pilih menu “Pengaduan”
2. Pilih tombol riwayat di pojok kanan atas
3. List pengaduan akan muncul dan klik untuk melihat detail
Dengan adanya fitur baru ini, PLN Mobile kini dilengkapi dengan 5 fitur yakni pembelian token & pembayaran tagihan, ubah daya, catat meter, pengaduan gangguan & keluhan, pasang baru. Adapun fitur ListriQu dapat diakses melalui menu Pengaduan.
“DKI Jakarta menjadi wilayah pertama yang roll-out layanan ini. Secara bertahap, sekitar Mei-Juni 2021 fitur ListriQu di PLN Mobile akan bisa diakses di Jawa-Bali. Kami berharap ke depannya layanan ini bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan dapat juga dinikmati di seluruh Indonesia,” tambah Bob.
Sejak dapat diunduh melalui PlayStore dan Appstore, pengguna New PLN Mobile hingga 22 April 2021 tercatat sebanyak 5 juta, sementara di DKI Jakarta mencapai 404.345 pengguna.