Jelang Lebaran Pencurian Motor Merajalela, Intip 5 Cara Simpel Pencegahannya

Selasa, 20 April 2021 20:57 WIB

Share
Ilustrasi pencurian motor. (dok)
Ilustrasi pencurian motor. (dok)

SERING kali kita galau dengan semakin beraninya para pencuri motor. Bukan saja parkir di luar, di dalam rumah ataupun tempat yang masih ada penjaganya, para maling masih berani menjalankan aksinya. Selain rumah pribadi, kontrakan atau kos-kosan juga menjadi target aksi curanmor.

Nah sob, kali ini kita akan berbagi tips agar motor kamu bebas dari maling, dilansir dari akun @pricebook.motor.

Pertama gunakan gembok piringan cakram motor kalian, supaya motor tidak bisa bergerak walau kunci kontak berhasil dibobol dan mesin dinyalakan. Tapi harus diingat nih sob, jangan sampai lupa jika ingin bepergian karena akan menghantam bagian kaliper rem.

Kedua, pasang baut dan mur. Jangan dianggap enteng, baut dan mur bisa membuat motormu menjadi lebih aman. Caranya, baut dan mur dipasang di lubang piringan cakram yang fungsinya mirip dengan gembok cakram. Yang membedakan ukurannya lebih kecil, jadi maling tidak akan menyadarinya.

Ketiga, pasang Grip Lock. Alat ini lebih simpel dari dua cara sebelumnya, tapi cukup ampuh dalam mencegah aksi curanmor. Cara kerja alat ini, Grip Lock diletakkan pada bagian sisi kanan setang motor Anda, diikatkan dengan tuas rem. Jadi jika Grip Lock tidak terbuka, motor tidak akan bisa jalan karena rem terus tertekan.

Keempat, pasang kunci rahasia. Peralatan ini memang sebagai alat tambahan yang dipasang di motor sebagi kunci rahasia karena yang mengetahui si pemilik motor saja. Cara kerjanya dengan memutus arus listrik motor sehingga tidak akan bisa dihidupkan kalau kunci rahasia ini masih aktif.

Kelima, pasang alarm. Cara terakhir ini menjadi alat yang sudah familiar di telinga banyak orang. Dengan alarm maling akan kaget, panik dan kabur, karena motor akan menimbulkan suara nyaring. Tapi jangan sembarang pasang ya sob di bagian motor, supaya alat ini menjadi awet terlebih tempat yang tidak memiliki atap.

Mungkin masih ada cara lain yang lebih aman, namun paling tidak kelima cara ini layak dipakai untuk pencegahan. Baik itu tadi tips aman motor supaya tidak khawatir kalau tiba-tiba motor hilang, walau sudah diparkir di tempat yang aman. Karena sobat gak akan mau kan, jadi korban aksi curanmor.

Artikel ini sudah tayang di Poskota Otomotif dengan judul: Yuk, Cegah Aksi Curanmor di Bulan Ramadhan, Tips ini Bisa Diaplikasi Sob! (maula idris/ta)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar