ADVERTISEMENT

Menkominfo Luncurkan Modul Literasi Digital Sebagai Penunjang Sektor Prioritas Digitalisasi Nasional

Minggu, 18 April 2021 15:24 WIB

Share
Menkominfo Johnny G Plate saat peluncuran modul literasi digital. (foto: istimewa)
Menkominfo Johnny G Plate saat peluncuran modul literasi digital. (foto: istimewa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah terus melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi bagi masyarakat.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menilai pembangunan infrastruktur telekomunikasi wajib dibarengi dengan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan memanfaatkan layanan internet tersebut.

"Tanpa kesiapan SDM, ruang digital justru berpotensi digunakan untuk penyebaran konten negatif seperti penipuan daring, perjudian, prostitusi online, disinformasi atau hoaks, pencurian data pribadi, perudungan siber (cyber bullying), ujaran kebencian (hate speech), penyebaran paham radikalisme/ terorisme di ruang digital dan sebagainya,” imbuh Johnny.

Itu disampaikan Menkominfo saat meluncurkan empat modul literasi digital terdiri dari, Budaya Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital; dan Cakap Bersedia Digital.

Peluncuran yang dilakukan di Grand City Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (17/4/2021) itu dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Dirjen Aptika, Semuel Pangerapan, aktor Nicholas Saputra dan lainnya.

Kegiatan peluncuran ini modul ini dilakukan serempak di lima kotaya itu: Surabaya, Tangerang Selatan, Aceh, Yogyakarta, dan Lampung.

Modul literasi digital ini merupakan manifestasi kolaborasi dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Jaringan Penggiat Literasi Digital (Japelidi) dan Kementerian Kominfo.

Menkominfo mengungkapkan Indonesia sedang mengalami digital talent gap atau kesenjangan talenta digital, dimana kita membutuhkan 9 juta talenta digital dalam 15 tahun, atau rata-rata 600.000 talenta digital setiap tahunnya.

"Pandemi Covid-19 telah membawa dampak besar terhadap kehidupan di berbagai lini,mendorong kita untuk beraktivitas, berinteraksi, dan bermigrasi ke ruang digital," ujar Menkominfo.

Ia menambahkan guna menjadikan momentum pandemi Covid-19 sebagai titik lompatan besar yang strategis menuju Indonesia Maju, Bapak Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan terkait Akselerasi Transformasi Digital Nasional.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT