ADVERTISEMENT

KemenkopUKM Apresiasi Produk IKM Rendang Bisa Ekspor ke Arab Saudi

Minggu, 18 April 2021 16:58 WIB

Share
Produk UMKM Rendang. (ist)
Produk UMKM Rendang. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) mengapresiasi keberhasilan Produk Sentra IKM Rendang bahkan ekspor rendang ke Negara Arab Saudi, Minggu (18/4/2021).

Sekretaris KemenkopUKM Arif Rahman Hakim mengatakan usai kunjungan kerja di Sumatera Barat untuk koordinasi pemberdaaan UMKM.

Sentra produksi rendang dibawah binaan UPTD (Unit pelayanan Teknis Daerah) P3R (Pusat Pengembangan dan Pelayanan Rendang) Kota Payakumbuh Sumbar ini juga telah manpu memasarkan rendang ke berbagai penjuru tanah air, bahkan pasar ekspor untuk bumbu rendang ke Saudi Arabia.

"Luar biasa, itu yang saya tangkap dari penjelasan Bapak Wal Asri,  Kadinasterin Kota  Payakumbuh. ini menunjukkan kalau kita fokus pada satu usaha, dalam hal ini rendang, maka tingkat keberhasilannya akan sangat tinggi. mudah- mudahan ini dapat dikembangkan lagi dengan teknologi menuju usaha yang lebih profesional," ujar Arif dalam siaran pers yang diterima Kemenkop UKM.

Arif Rahman menjelaskan, Kemenkop UKM  memiliki kegiatan kegiatan yang bisa disinergikan dengan pelaku usaha kecil menengah yang memiliki potensi ekspor. 

"Juga telah dibentuk deputi khusus deputi bidang UKM yang tema utamanya memjadikan UKM naik kelas,  memberikan kontribusi yang lebih besar pada PDB  maupun  sumbangan ekspor,"kata Arif Rahman.

 

SesmenkopUKM menjelaskan, IKM rendang bisa mencontoh Selandia Baru yang koperasinya fokus pada peternakan sapi sehingga mampu menguasai pasar dunia.

"Sumatera Barat khususnya Payakumbuh dengan ikonnya rendang, saya kira juga mampu menguasai pasar domestik setidaknya. Rendang ini bisa diterima dari Sabang sampai Merauke, berarti ada 270 juta pasar domestik yang bisa digarap, tinggal bagaimana strateginya," kata SeskemenkopUKM. (adji)

 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT