ADVERTISEMENT

Bank Indonesia, Kejati dan Polda Banten Jalin Kerja Sama terkait Sistem Pengamanan

Jumat, 16 April 2021 15:39 WIB

Share
Bank Indonesia, Kejati dan Polda Banten Jalin Kerja Sama Terkait Sistem Pengamanan
Bank Indonesia, Kejati dan Polda Banten Jalin Kerja Sama Terkait Sistem Pengamanan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Perwakilan Bank Indonesia (BI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan Polda dan Kejaksaan Tinggi Banten yang meliputi bidang keamanan, pengawasan, dan tindak pidana terhadap uang rupiah.

Penandatanganan Perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja dengan Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho dan Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Asep Nana Mulyana.

Perjanjian kerja sama ini dalam rangka Pelaksanaan Pengamanan Bank Indonesia dan Pengawalan Barang Berharga Milik Negara (BBMN), Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan yang Melakukan Kegiatan Usaha Kawal Angkut Uang dan Pengelolaan Uang Rupiah, Pelaksanaan dan Penanganan Dugaan Tindak Pidana Terkait Sistem Pembayaran dan Kegiatan Valuta Asing Bukan Bank.

Kemudian Pelaksanaan Penanganan Dugaan Tindak Pidana Terhadap Uang Rupiah, dan Tindak Pidana dan/atau Pelanggaran Terhadap Kewajiban Penggunaan Uang Rupiah di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas perjanjian kerjasama ini, dalam mendukung pemulihan ekonomi Bank Indonesia berkomitmen untuk terus menjaga stabilitas nilai rupiah dan juga stabilitas sistem keuangan.

Erwin mengatakan bahwa ia percaya sinergi dan kerja sama antar semua pihak menjadi kunci bagi pemulihan ekonomi Karena kami melihat tugas-tugas Bank Indonesia memerlukan pendampingan dari kepolisian TNI kejaksaan tinggi dan juga aparat penegak hukum lainnya.

Sementara itu Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten berperan aktif dalam melaksanakan tugas pokok dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah dibidang moneter sistem pembayaran dan stabilitas sistem keuangan.

"Bank Indonesia mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta turut mendukung kebijakan ekonomi dan pembangunan nasional pencapaian tersebut juga diikuti dengan semakin meningkatnya berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas baik itu kejahatan konvensional maupun kejahatan dengan modus baru yang lebih canggih sebagai dampak dari semakin kompleksitasnya transaksi keuangan," kata Rudy Heriyanto

Lebih lanjut Rudy Heriyanto mengatakan bahwa Polri sebagai pemelihara Kamtibmas dan penegak hukum memiliki peran yang sangat vital untuk dapat menjamin keamanan aset dan keberlangsungan kegiatan operasional bank Indonesia

"Pada tahun 2019 yang lalu telah ditandatangani nota kesepahaman antara Bank Indonesia dengan Polri nota kesepahaman ini telah menjadi pedoman kerja bagi kita dengan ruang lingkupnya meliputi tukar-menukar data dan informasi penegakan hukum, peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta manajemen pengamanan," ujar Rudy Heriyanto

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT