ADVERTISEMENT

Momentum Ramadhan, Napi di Lapas Rangkasbitung Panen Timun Suri

Kamis, 15 April 2021 16:37 WIB

Share
Salah satu napi melakukan panen (ist)
Salah satu napi melakukan panen (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK,  POSKOTA.CO.ID – Beberapa orang terlihat tengah asik melakukan panen timun suri di lahan perkebunan yang berada di Sumurbuang, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak.

Usut punya usut,  mereka ternyata bukan orang biasa.  Namun merupakan Narapidana yang tengah menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rangkasbitung.

Mereka diketahui memanfaatkan waktu luangnya  khususnya pada bulan Suci Ramadhan  1442 Hijriah  ini untuk memanen timun suri yang merupakan salah satu tanamam yang dibudidayakan di Pondok Sarana Asimilasi dan Edukasi Napi Lapas Rangkasbitung di Sumurbuang, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak.

Hal itu dikonfirmasi  oleh Kalapas Rangkasbitung Budi Ruswanto. Katanya, timun suri itu merupakan hasil tanam para napi dari semenjak bulan Maret 2021 lalu. 

“Saya mengapresiasi betul hasil panen pertanian di Sarana Asimilasi dan Edukasi. Walaupun dimasa pandemi namun tetap produktif dan warga Binaan juga giat bekerja, saya senang melihatnya," kata Kalapas ketika berbinjang dengan Pos Kota diruang kerjanya,  Kamis (15/4/2021).

Kalapas mengatakan,  kegiatan panen timun suri ini merupakan program Lapas Rangkasbitung dalam rangka pembinaan kemandirian di bidang pertanian terhadap narapidana atau warga binaan pemasyarakatan.

Ia mengaku, bangga melihat warga binaannya berhasil membudidayakan timun suri dari mulai menyemai sampai bisa dipanen. Mereka bersama tim pendamping telah berhasil memanfaatkan lahan di Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Rangkasbitung.

"Tentunya kita berharap dengan adanya program ini dapat memberikan bekal ilmu kepada warga binaan agar bermanfaat di masyarakat ketika telah selesai menjalani masa pidana," katanya.

Sementara itu Kasubsi Pembinaan Eka Yogaswara mengungkapkan, timun suri hasil panen warga binaannya sangat bagus.

"Kita pasarkan dan hasil penjualan nya akan di pergunakan untuk kegiatan pembinaan kemandirian lainnya dan akan di setorkan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)," katanya.(kontributor  banten/yusuf permana) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT