ADVERTISEMENT

Sidak ke Pasar Rangkasbitung, Disnak Lebak Sebut Pasokan Daging Aman Hingga Hari Raya Idul Fitri

Selasa, 13 April 2021 08:52 WIB

Share
Petugas Disnakeswan Lebak sidak. Ke pasar Rangkasbitung (ist)
Petugas Disnakeswan Lebak sidak. Ke pasar Rangkasbitung (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

LEBAK,  POSKOTA.CO.ID – Dinas Peternakan dan Kesehatan  Hewan (Disnakeswan)  Kabupaten  Lebak memastikan ketersediaan  daging sapi dan kerbau di Pasar Rangkasbitung  aman selama bulan Ramadhan bahkan hari raya Idul Fitri  1442 Hijriah. 

Kabid Kesehatan Hewan Disnakeswan Kabupaten Lebak Hanik Malichatin mejelaskan, bahwasannya  stok daging di Bulog Subdivre Lebak dan Pandeglang masih aman. Tersedia 50 ton daging sapi dan kerbau.

"Saat ini stok tersedia sebanyak 640 kilo daging  sapi dan 140 kiio daging kerbau di Pasar Rangkasbitung,  belum lagi di gudang Bulog. Insyaallah untuk keamanan stok daging aman," kata Hanik kepada Pos Kota,  Selasa (13/04/2021).

Ketersediaan pasokan daging sapi itu sendiri merupakan hasil dari inpeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh Disnakeswan  ke sejumlah pedagang daging di Pasar Rangkasbitung,  Kabupaten Lebak,  Senin (12/4/2021) kemarin. 

Sidak tersebut dilakukan guna memastikan ketersediaan dan kualitas daging di Pasar Tradisional  itu selama bulan Ramadhan  1442 Hijriah. 

"Ahamdulilah hasilnya baik,  kualitas daging sapi dan kerbau baik tidak ada penyimpangan. Tadi hanya ditemukan  penyimpangan pada bagian jeroan hati  Kerbau," katanya.

"Adapun untuk harga di pasar saat ini Rp130.000 sampai Rp 140 perkilo, sedangkan di Bulog daging sapi Rp87.000 dan kalau kerbau Rp75.000," tambahnya.

Diungkapkan Hanik, pihaknya secara berkelanjutan akan melakukan pengawasan produk daging hewan untuk memastikan atau memberikan jaminan kepada masyarakat bahwasannya produk daging hewan yang dijual di Pasar Rangkasbitung khususnya dan umumnya Kabupaten Lebak itu aman dan sehat.

Daging yang dijajakan oleh pedagang dalam kondisi utuh, halal dan Asuh  Aman, Sehat, Utuh dan Halal.

"Oleh karena itu menjelang Ramadan kita melakukan pengawasan dan nantipun akan melakun pengawasan rutin sampai menjelang Lebaran Idul Fitri. Untuk memberikan jaminan produk aman, sehat, utuh dan halal," pungkasnya.(kontributor  banten/yusuf permana) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT