ADVERTISEMENT

Mau Tahu Kerusakan Motor Injeksi Honda? Lihat Indikator Kedipan MIL

Senin, 12 April 2021 13:30 WIB

Share
Lewat kedipan pada indikator MIL, bisa deteksi kerusakan secara dini. (foto: ist)
Lewat kedipan pada indikator MIL, bisa deteksi kerusakan secara dini. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SAAT ini semua produk sepeda motor Honda menggunakan sistem PGM-FI. Salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa masalah yang terjadi pada sepeda motor. Hasil diagnosa ini akan disampaikan melalui malfunction indicator lamp (MIL) yang terletak pada bagian spidometer Honda.

Seperti dilansir Poskota Otomotif, pada kondisi normal, ketika kunci kontak dalam posisi ON maka MIL akan menyala sekitar 2 detik kemudian mati kembali dan motor siap dinyalakan. Selama kegagalan pada sistem PGM-FI belum diperbaiki, maka MIL akan terus berkedip.

Jumlah kedipan pada MIL memiliki arti tersendiri untuk mengetahui permasalahan yang terjadi pada sistem PGM-FI. Kedipan MIL pun terdapat dua jenis, yaitu kedipan cepat yang berlangsung selama 0,3 detik dan kedipan panjang yang berlangsung selama 1,3 detik.

Bisa Melihat

Anda bisa melihat kedipan MIL. Satu kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor atau Manifold absolute pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat ke vakuman pada intake manifold. Bila tidak segera diatasi akan menimbulkan akselerasi kurang baik dan performa mesin pun tidak maksimal pada putaran atas.

Bila tujuh kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor temperatur mesin atau biasa disebut Engine Coolant Temperature (ECT) Atau Engine Oil Temperature (EOT). Akibat dari hal ini dapat membuat mesin agak susah dihidupkan pada saat mesin kondisi dingin.

Kemudian kalau delapan kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor throttle position (TP), bila dibiarkan maka mesin akan mudah mati dan akselerasi pun tidak maksimal.

Jika sembilan kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor Intake air temperature (IAT). Akibat yang ditimbulkan performa mesin tidak maksimal, mudah mati, emisi gas buang yang dihasilkan pun tidak bagus.

Selanjutnya kalau indikator MIL 11 kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem sensor kecepatan sehingga indikator spidometer tidak berfungsi atau bila telah menggunakan fi tur Idling Stop System (ISS) tidak akan berfungsi.

Kalau 12 Kedipan menunjukkan potensi gangguan pada area sistem injector sehingga sepeda motor tidak bisa dinyalakan. Kemudian kalau 21 kedipan, menunjukkan kode potensi gangguan pada area sistem O2 sensor (Oxigen sensor). Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi gas buang dan kondisi pembakaran mesin. Akibat yang ditimbulkan mesin sulit dihidupkan dan terdapat suara letupan pada knalpot.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT