Jelang Bulan Puasa, Aktris Ussy Sulistiawaty Siapkan Resep Hidangan Berbuka Puasa Sup Konro

Sabtu, 10 April 2021 15:39 WIB

Share
Ussy Sulistiawaty (instagram/@ussypratama)
Ussy Sulistiawaty (instagram/@ussypratama)

JAKARTA - Menjelang bulan Ramadan tiba, berbagai persiapan pun di lakukan salah satunya mempersiapkan resep menu hidangan berbuka puasa yang nikmat.

Hal tersebut salah satunya dilakukan oleh aktris Ussy Sulistiawaty. Melalui kanal YouTube Ussy Andhika Official, ia membuat hidangan sup konro guna persiapan untuk berbuka puasa nanti.

Sup konro adalah kuliner sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar.

Adapun bahan yang mesti dipersiapkan guna membuat sup konro ala Ussy yakni daging iga dan sandung lamur, serai, jahe, garam, bawang merah, bawang putih, kunyit, pala, kemiri, lada, ketumbar, jinten, kluwek, lengkuas, seledri, daun bawang, kaldu sapi no MSG, minyak, dan air matang.

Pertama, Ussy menerangkan bahwa daging iga dan sandung lamur bakal dipresto. Jangan lupa masukkan jahe, daun salam, dan serai serta garam untuk menghilangkan bau amisnya.

"Masukkan jahe, salam, sama serai masukkan, masukkan garam sedikit, oke guys kita mau presto sekitar 45-50 menitan biar benar-benar empuk," kata Ussy.

Kemudian selanjutnya, Ussy membuat bumbu dari sup konro yang bahannya terdiri dari: bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, pala, kemiri, lada, ketumbar, jinten, kluwek dan serai.

"Ada serai nanti diambil bagian putihnya aja, enggak usah semuanya. Ini nanti yang kita haluskan. Lalu nanti ada bumbu lainnya, yang tidak perlu dihaluskan, itu ada lengkuas sama daun salam. Kondimennya daun seledri sama daun bawang," ucap istri dari aktor Andhika Pratama itu.

Lanjutnya, ia menghaluskan berbagai bumbu tadi dengan blender. Kemudian menumisnya sampai matang. Untuk sambalnya, dia mengaku hanya menggunakan cabai rawit merah lalu diblender.

Ketika bumbu telah matang, Ussy menerangkan cirinya yaitu dari segi warna, bumbu itu menghitam. Bumbunya pun jadi menggumpal.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar