ADVERTISEMENT

Masuk Daftar 20 Negara yang Dilarang Masuk Saudi, Indonesia Belum Bisa Kirim Jemaah Umrah di Ramadhan

Kamis, 8 April 2021 11:29 WIB

Share
Konsul Haji Jeddah Endang Jumali. (ist)
Konsul Haji Jeddah Endang Jumali. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Pemerintah Arab Saudi memberikan izin melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadhan 1442 H. Namun itu berlaku bagi negara yang memiliki akses ke negara tersebut. 

Konsul Haji Jeddah Endang Jumali yang dihubungi di Jakarta, Kamis (8/4/2021) mengatakan, Indonesia belum bisa memberangkatkan jemaah umrah di bulan Ramadhan ini,  karena umrah sejak awal hanya bagi negara - negara yang memiliki  akses masuk ke Saudi. 

"Namun sampai saat ini Indonesia masuk dalam daftar 20 negara yang belum diberikan akses masuk ke Saudi,"  terang Endang. 

Endang menambahkan umrah pada bulan Ramadhan nanti untuk negara-negara yang diberikan akses masuk, seperti Nigeria, Tunisia, Banglaseh, Lybia.

Dia menjelaskan meskipun mereka sudah diberikan akses masuk,  tetapi ke Arab Saudi tetap memberikan ketentuan untuk melaksanakan umrah yakni,  jemaahnya sudah divaksin dan juga ketentuan usia. 

Tentang persiapan Pemerintah Arab Saudi menyambut umrah di bulan Ramadhan,  Endang mengungkapkan persiapan umrah pada Ramadhan yang dilakukan Arab Saudi adalah memperluas kapasitas tampung Masjidil Haram, fasilitas transportasi dan memperketat protokol kesehatan. 

Seperti diketahui, bertepatan dengan 1 Ramadhan atau di hari pertama ibadah puasa, Pemerintah Arab Saudi memberikan izin Umrah bagi  jemaah yang sudah menerima vaksin Covid-19.

Jemaah yang dimaksud yaitu  yang sudah mendapat dua dosis vaksin Covid-19, jemaah yang setelah 14 hari menerima dosis pertama vaksin Covid-19 serta yang sembuh dari infeksi.

Sebelumnya untuk mencegah penularan Covid-19, Arab Saudi mulai 3 Februari 2021 melarang  masuk sementara warga negara dari 20 negara, termasuk Indonesia dan juga dari Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Inggris, Afrika Selatan, Perancis, Mesir, Lebanon, India, dan Pakistan dan lainnya. (johara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT