ADVERTISEMENT

10 Kasiat Jahe Bagi Kesehatan, Berikut Ini Daftarnya

Sabtu, 3 April 2021 05:00 WIB

Share
Jahe. (ist)
Jahe. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Nenek moyang kita sudah mengenal Jahe sebagai bumbu masak dan obat. Jahe merupakan tumbuhan rimpang asal Asia Tenggara.

Tumbuhan ini masuk dalam keluarga rempah-rempah dari famili Zingirberancaea seperti kunyit, lengkuas, dan kapulaga.

Ada banyak sekali manfaat jahe untuk kesehatan.Jahe bisa digunakan dalam keadaan segar, dikeringkan, dijadikan bubuk, dibuat jus, atau sebagai bumbu masakan.

Nah, dikutip dari Healtline, berikut 10 manfaat jahe untuk kesehatan.

1. Sebagai penguat tubuh

Sejak lama, jahe digunakan untuk membantu pencernaan, mengurangi mual, dan membantu melawan flu. Aroma dan rasa unik jahe berasal dari minyak alami yakni gingerol. Gingerol adalah senyawa bioaktif utama dalam jahe. Gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Misalnya, jahe dapat membantu mengurangi stres oksidatif, yang disebabkan oleh kelebihan jumlah radikal bebas di dalam tubuh.

2. Obat mual

Jahe dapat membantu meredakan mual dan muntah. Jahe juga dapat membantu mual terkait kemoterapi, termasuk mual bagi para ibu hamil di pagi hari. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan total 1.278 wanita hamil, 1,1 sampai 1,5 gram jahe dapat secara signifikan mengurangi gejala mual. Namun tidak dianjurkan bagi wanita hamil yang mendekati masa persalinan.

3. Menurunkan berat badan

Jahe dapat berperan dalam penurunan berat badan. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan. Manfaat jahe untuk kesehatan secara signifikan mengurangi berat badan, dan mengurangi rasio pinggul pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Guruh Nara Persada
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT