ADVERTISEMENT

Ariel Tatum Dukung Model Danella Ilene Terkait Eating Disorder, Penyakit Apa Itu? Ini Penjelasannya!

Jumat, 2 April 2021 20:09 WIB

Share
Ilustrasi penyakit gangguan kesehatan mental eating disorder (Foto: Alodokter/website)
Ilustrasi penyakit gangguan kesehatan mental eating disorder (Foto: Alodokter/website)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Akhir-akhir ini banyak diperbincangan terkait masalah gangguan kesehatan mental bernama eating disorder.

Penyakit menyal itu banyak diperbincangkan usai salah dua juri Indonesia’s Next Top Model 2020 yakni Deddy Corbuzier dan Luna Maya sempat membuat bercandaan tentang penyakit tersebut terhadap salah satu peserta yakni Danella Ilene.

Candaan itu mengundang kecaman dari sejumlah rekan artis lain seperti Ariel Tatum yang mana wanita cantik berusia 24 tahun itu juga pernah mengidap penyakit gangguan kesehatan mental.

Lantas, apakah sebenarnya eating disorder itu? Melansir dari laman Psychiatry, eating disorder atau dalam bahasa Indonesia gangguan makan adalah kondisi perilaku yang ditandai dengan gangguan perilaku makan yang parah dan terus-menerus serta pikiran dan emosi yang tidak stabil.

Penyakit ini bisa menjadi sangat serius mempengaruhi fungsi fisik, psikologis dan sosial. Jenis gangguan makan termasuk anoreksia nervosa, bulimia nervosa, gangguan makan berlebihan, gangguan asupan makanan yang membatasi penghindaran, gangguan makan atau makan tertentu lainnya, gangguan pica dan, perenungan.

Secara keseluruhan, gangguan makan memengaruhi hingga 5% populasi manusia, paling sering berkembang pada masa remaja dan dewasa muda. Beberapanya disebabkan karena anoreksia nervosa dan bulimia nervosa lebih sering terjadi pada wanita, tetapi semuanya dapat terjadi pada semua usia dan memengaruhi jenis kelamin apa pun.

Gangguan makan sering dikaitkan dengan keasyikan dengan makanan, berat badan atau bentuk tubuh atau dengan kecemasan tentang makan atau konsekuensi dari makan makanan tertentu.

Perilaku yang terkait dengan gangguan makan termasuk makan terbatas atau menghindari makanan tertentu, makan berlebihan, membersihkan dengan muntah atau penyalahgunaan obat pencahar atau olahraga kompulsif. Perilaku ini dapat didorong dengan cara yang tampak mirip dengan kecanduan. (cr03)

ADVERTISEMENT

Reporter: Risto Risanto
Editor: Risto Risanto
Contributor: -
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT