ADVERTISEMENT

Kebutuhan Pemakaman Covid-19 Mendesak jadi Alasan Alih Fungsi Lahan Pertanian di Cilincing

Selasa, 30 Maret 2021 18:31 WIB

Share
Lahan TPU Rorotan. (yono)
Lahan TPU Rorotan. (yono)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Kasudin KPKP) Jakarta Utara, Unang Rustanto menanggapi keluhan Kelompok Tani Maju di Cilincing, Jakarta Utara terkait pengalihfungsian lahan pertanian menjadi Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Unang mengatakan pengalihfungsian lahan pertanian menjadi TPU yang terkesan mendadak lantaran kebutuhan pemakaman jenazah Covid-19 sangat mendesak.

"Karena kebutuhannya mendesak untuk pemakaman Covid jadi lahannya diambil secara mendadak oleh Pemprov. Jadi harus saling menyadari," kata Unang saat dihubungi, Selasa (30/3/2021).

Ia menjelaskan, para petani juga tau dan menyadari kalau lahan yang mereka garap selama ini adalah milik Pemprov DKI.

"Selama ini petani juga menyadari kalau itu lahan milik Pemprov DKI," pungkasnya.

Sebelumnya, Kelompok Tani Maju di Cilincing, Jakarta Utara mengaku sangat terdampak atas pengalihfungsian lahan pertanian mereka menjadi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan.

Pasalnya, dari Pemprov DKI tidak banyak berkoordinasi dengan para petani terkait pengalihfungsian lahan.

Ketua Kelompok Tani Maju, Abas menuturkan, setidaknya ada 28 petani yang terdampak dari pembangunan TPU Rorotan.

"Jelas anggota saya kelompok tani maju kena dampak ya karena memang tidak bisa bercocok tanam lagi, artinya sebagian tani kelompok saya hilang mata pencahariannya. Kurang lebih dari data yang ada 28 orang," kata Abas saat ditemui di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara (30/3/2021).

Abas merinci, dari 28 orang yang terdampak pembangunan TPU Rorotan, setidaknya ada 6 petani yang kehilangan mata pencarian karena seluruh lahannya dialihfungsikan menjadi lahan pemakaman.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT