ADVERTISEMENT

Imigrasi Bandara Soetta Amankan Seorang Buronan Interpol Asal Korea Selatan

Senin, 29 Maret 2021 07:42 WIB

Share
Ilustrasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Fernando Toga)
Ilustrasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Fernando Toga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG (POSKOTA.CO.ID) – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta mengamankan Changhyun Park (51) seorang buronan internasional police (Interpol) asal Korea Selatan. 

Kepala Kantor Imigrasi Bandara Soetta, Romi Yudianto menuturkan, Changhyun Park ditangkap saat baru tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (26/3/2021) sekitar pukul 20.00 WIB. 

"Yang bersangkutan penumpang pesawat Malindo Air dengan nomer pesawat 0D438 tujuan Seoul-Jakarta pada 26 maret 2021," ujar Romi, saat dikonfirmasi Senin (29/3/2021).

Romi mengatakan Changhyun Park yang tersandung kasus penipuan pinjaman uang dalam jumlah besar di Korea selatan itu merupakan 'Red Notice' Interpol Seoul sejak 5 November 2018. 

Sebelum ditetapkan sebagai buronan Interpol, diketahui bahwa Changhyun telah dua kali mengunjungi Indonesia yaitu pada 12-15 November 2017 dan 18 Agustus 2018.

"Petugas imigrasi kemudian melakukan pengamanan dan pemeriksaan  terhadap Changhyun Park, dan menurut pengajuan yang bersangkutan datang ke Indonesia sebagai investor", katanya. 

Pihak imigrasi bandara soekarno-hatta kemudian menghubungi pihak mabes polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada yang bersangkutan. 

Selama di Bandara Soetta, Changhyun Park ditahan di ruang detensi Imigrasi Soekarno-Hatta sebelum diserahkan ke Mabes Polri. 

 "Tim Mabes Polri telah menjemput yang bersangkutan pada Sabtu 27 Maret 2021 pukul 20.00 WIB," jelasnya. 

Romi menambahkan, Changhyun Park saat ini masih berada di Mabes Polri untuk dilakukan pemeriksaan terkait kasus pinjaman uang dalam jumlah yang besar di Korea Selatan sebelum dijemput pihak Interpol. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT