ADVERTISEMENT

Polda Metro Jaya Bongkar Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai Perusahaan 

Kamis, 25 Maret 2021 21:40 WIB

Share
Pelaku penipuan ditangkap. (adji)
Pelaku penipuan ditangkap. (adji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bank Negara Indonesia (BNI) Mengapresiasi pengungkapan penipuan dan pemalsuan yang mengatasnamakan rekrutmen pekerjaan Bank BNI oleh Polda Metro Jaya, Kamis (25/3/2021).

Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan pihaknya apresiasi Polda Metro Jaya membongkar kasus penipuan dengan modus rekrutmen pengawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Beberapa modus tersebut diantaranya melakukan pemanggilan dengan membayar sejumlah uang menggunakan jasa travel.

Selain itu ditemukan pula mengirimkan surat undangan tahapan seleksi palsu melalui email dan modus-modus lainnya yang intinya melakukan pungutan uang terhadap para calon pelamar.

"Kami menegaskan bahwa BNI tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi pegawai. Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap berikutnya akan tetap dihubungi serta diundang secara resmi oleh BNI melalui email resmi rekrutmen BNI," ujar Mucharom dalam keterangannya Kamis (25/3/2021).

Menurutnya pengumuman rekrutmen dan proses seleksi dilakukan secara terbuka melalui website resmi korporat, yaitu https://recruitment.bni.co.id/.

Dalam kasus penipuan kali ini, BNI menjadi perusahaan yang dirugikan karena penyalahgunaan Identitas Perusahaan untuk rekrutmen palsu yang mengatasnamakan BNI.

"Sebagai upaya untuk melindungi kepentingan BNI dan masyarakat, maka untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, BNI telah melaporkan kejahatan tersebut ke Polda Metro Jaya dan ditangani oleh Sub Direktorat IV Tindak Pidana Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus," ungkapnya.

BNI juga menyampaikan terima kasih kepada Polda Metro Jaya khususnya Subdit IV Tipidsiber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya yang telah mengungkap kejahatan penipuan tersebut dan menangkap pelakunya di daerah Sidrap, Sulawesi Selatan. 

"Kami harapkan dengan upaya yang telah dilakukan oleh BNI bersama Kepolisian dapat membuat masyarakat lebih waspada dan berhati-hati dalam menyikapi modus penipuan serupa," pungkas Mucharom. (adji)

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Novriadji Wibowo
Editor: Sumiyati
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT