ADVERTISEMENT

Pekan Depan, Revitalisasi Kampung Religi Kwitang Akan Dimulai

Kamis, 25 Maret 2021 17:37 WIB

Share
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma (cr-5)
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma (cr-5)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Proyek revitalisasi kampung religi Kwitang, Senen, Jakarta Pusat akan mulai berjalan pekan depan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan rencananya hadir untuk melakukan peletakan batu pertama, Rabu (31/3/2021).

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan, pihaknya bakal berkolaborasi dengan Baznas Bazis dan instansi rerkait hingga saat ini terus merampungkan desain revitalisasi kampung religi Kwitang.

"Konsep penataan mengedepankan pembangunan manusia dalam revitalisasi kampug religi Kwitang pasca musibah kebakaran beberapa waktu lalu," ujar Dhany Sukma, Kamis (25/3/2021).

Ia menjelaskan, berbagai Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait di antaranya Sumber Daya Air, Bina Marga, Lingkungan Hidup dan sebagainya dilibatkan dalam desain pembangunan kampung religi Kwitang.

"Pada tanggal 27 Maret, kami akan turun melakukan survei ke lokasi pemukiman yang akan direvitalisasi. Bangunan milik warga tidak berkurang, tapi justru bertambah," jelasnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, penataan kampung religi Kwitang akan dijadikan salah satu prototype kampung dengan nilai budaya lokal.

“Di kawasan Kwitang ada masjid dan makam habib yang menjadi kearifan lokal serta majelis taklim. Sehingga kami menjadikan sebagai prototype kampong religi,” paparnya.

Ia menambahkan, penataan pemukiman warga di Kwitang yang terbakar menjadi kampung religi tidak sekadar fisik bangunan, tapi juga warga yang tinggal.

“Kita bangun perpaduan antara fisik dan sosial sehingga setelah ditata kawasan ini menjadi kondusif dan bahagia warganya," tambahnya. (cr05)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT