ADVERTISEMENT

Dirjen Dikti Bekerjasama dengan University of Waterloo, Kanada untuk Mendukung Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka

Rabu, 24 Maret 2021 16:36 WIB

Share
Dirjen Dikti Nizam. (ist)
Dirjen Dikti Nizam. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Nizam mengatakan, pihaknya menggelar kerjsama dengan University of Waterloo, Kanada.

Ia menyebut, kerja sama itu bertujuan untuk mendukung implementasi kebijakan Kampus Merdeka dan percepatan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.

"Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang dijalin antara Ditjen Dikti dengan University of Waterloo. Melalui kerja sama ini diharapkan perguruan tinggi Indonesia dapat melakukan implementasi program Kampus Merdeka dengan University of Waterloo," ujar Nizam, Rabu (24/3/2021).

Nizam menjelaskan, Indonesia memiliki lebih dari 4.613 kampus di Indonesia dengan 8,8 juta mahasiswa, 291.970 dosen dan 36.189 program studi.

Tren yang ada saat ini adalah meningkatkan standar perguruan tinggi dengan meningkatkan kualitas pelatihan dan penelitian sejalan dengan tuntutan dunia industri di era digital. 

“Untuk mendukung perkembangan sektor pendidikan tinggi di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka untuk lebih beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi,” jelas Nizam. 

Nizam pun jelaskan bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah memodernisasi pendidikan tinggi melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang berfokus pada tiga hal.

Diantaranya, meningkatkan Mobilitas Siswa dan pilihan belajar "Mendorong program studi yang progresif dan fleksibel".

"Dan mempromosikan peningkatan kolaborasi antara industri dan lembaga pendidikan tinggi," ucapnya. 

Terkait kerja sama ini, Nizam berharap ke depannya kerjasama dan kolaborasi dapat dijajaki lebih jauh dari partisipasi aktif dan keterlibatan perguruan tinggi di Indonesia. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT