ADVERTISEMENT

Walah! Distan Temukan Daging Ayam di Cikande Mengandung Bakteri

Selasa, 23 Maret 2021 22:16 WIB

Share
Ilustrasi ayam potong.(dok)
Ilustrasi ayam potong.(dok)

SERANG, POSKOTA.CO.ID –  Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Serang,  menemukan kandungan bakteri berbahaya pada daging ayam di salah satu perusahaan di kawasan industri modern Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang.

Temuan kandungan bakteri berbahaya itu diperoleh setelah pihak Distan melakukan uji sempel daging ke laboratorium di Subang, Jawa Barat.

"Temuan ini sudah lama terjadi, sejak awal tahun 2021. Kami juga sudah beberapa kali melakukan uji sempel dan hasilnya sama, positif," kata Zaldi Dhuhana saat dikonfirmasi, Selasa (23/3/2021).

Zaldi menambahkan, pihaknya juga sudah beberapa kali mengirimkan surat kepada pihak perusahaan agar segera memperbaiki temuan ini. Tapi nyatanya, sampai beberapa kali dilakukan uji laboratorium, hasilnya tetap saja masih positif mengandung bakteri.

 "Pihak perusahaan seolah tidak mempunyai itikad baik terhadap himbauan yang kami layangkan," ujarnya.

Zaldi mengaku pihaknya mempunyai kewajiban kepada masyarakat veteriner. Tugasnya, mencegah adanya penyakit dari hewan menular ke manusia. 

"Intinya, kita cuma ingin tempat pemotongannya itu dilakukan sanitasi. Sehingga, daging segar tidak tercemar,” tegasnya.

Menurut Zaldi, produksi daging ayam dari perusahaan itu diperuntukkan ekspor ke Jepang. Namun meskipun demikian, sterilisasi terhadap produk daging ayam itu harus tetap dilakukan.

 “Temuan bakterinya itu di daging segar. Kalau nugget-nya tidak apa-apa. Karena nugget kan direbus, jadi bakterinya mati,” kata Zaldi. (kontributor banten/luthfillah/tri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT