ADVERTISEMENT

Wagub DKI Jakarta Dukung Penerapan ETLE dan Sebut Sejumlah Titik yang Telah Terpasang Tekan Angka Kecelakaan

Selasa, 23 Maret 2021 19:32 WIB

Share
Wagub DKI Ahmad Riza Patria saat menghadiri peluncuran ETLE secara nasional di Mapolda Metro Jaya. (ist)
Wagub DKI Ahmad Riza Patria saat menghadiri peluncuran ETLE secara nasional di Mapolda Metro Jaya. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID- Wakil Gubernur DKI, Ahmad Riza Patria menyampaikan dukungan penuh atas penerapannya sistem tilang elektronik traffic law (ETLE) secara nasional.  

Keberadaannya pun, sambung Riza, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran pengendara dalam berlalu lintas dan angka pelanggar menjadi menurun. 

"Alhamdulillah, Polda Metro Jaya jadi pelopor. Kami akan dukung sepenuhnya. Kami mengimbau masyarakat tertib, karena pada akhirnya angka kecelakaan juga menurun," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (23/3/2021).

Ia menyatakan, pada titik-titik yang telah dipasangi kamera ETLE di Jakarta, telah terjadi penurunan pelanggaran dan angka kecelakaan yang signifikan. Sehingga, kebijakan ini kelak dapat diterapkan secara baik pula di tingkat Nasional.

Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Muhammad Fadil Imran mengungkapkan, ETLE penting agar indeks ketertiban lalu lintas masyarakat membaik.

Dalam rangkaian uji coba, terbukti sistem tilang elektronik efektif menurunkan pelanggaran dan angka kecelakaan.

"Pada 2021, kami berharap Jakarta menambah lagi di 60 titik. Tadi juga ada Walikota Tangerang, Walikota Bekasi, dan Walikota Depok. Kami berharap semua berpartisipasi, sehingga penerapannya tidak hanya di Ibu Kota," ungkapnya.

Dalam waktu dekat, sambung Fadil, segera dilaksanakan uji coba ETLE bagi pengendara yang kerap melakukan aksi kebut-kebutan di jalan.

Ia memastikan, mereka yang melanggar ketentuan kecepatan berkendara juga akan mendapat sanksi.

"Ini saya memberitahukan, bukan ancaman. Ini program Wakapolri yang luar biasa. Jakarta ini etalase Indonesia. Cerminan kota berbudaya, beretika adalah tertib aturan," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, launching ETLE Nasional tersebut dilaksanakan secara tertutup mengingat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Turut hadir mendampingi Wagub Ariza, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo beserta jajaran. (deny)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT