Sosok Heroes Local Dibutuhkan untuk Pengembangan UMKM

Minggu 21 Mar 2021, 03:00 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di MBlco Market, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (ist)

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di MBlco Market, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Memangah (MenkopUKM) Teten Masduki menuturkan, pihaknya terus berupaya memunculkan sosok-sosok Local Heroes Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) melaluI entitas usaha yang menjadi inspirasi, mampu memberdayakan, memiliki brand kuat, serta mengambil peran sebagai aggregator dan offtaker dalam proses juga mekanisme bisnisnya. 

Menurut Teten, Local Heroes inilah yang kemudian menjadi lokomotif-lokomotif yang membawa gerbong-gerbong Usaha Mikro Kecil dalam ekosistem usahanya untuk naik kelas dan masuk ke sektor formal. 

Baca juga:BI Banten Juga Fokus Pembinaan Pengembangan UMKM Lokal dan Pertanian

"Melalui kesempatan ini, saya mengutarakan harapan dan ajakan untuk semua agar terus berkolaborasi dan bersinergi dalam upaya bersama memulihkan membangkitkan, dan mengembangkan UMKM Indonesia. Agar nantinya bermunculan banyak wirausaha muda produktif yang konsisten meningkatkan nilai tambah serta berinovasi tanpa henti untuk berjaya di pasar lokal dan digdaya di pasar global (ekspor)," tegas MenkopUKM Teten Masduki dalam Pembukaan untuk Publik MBloc Market dalam siaran persnya diterima Sabtu (20/3/2020).

Menurut Teten, MBloc Market, yang mulai hari ini telah dibuka untuk umum, merupakan salah satu milestone penting menuju kedigdayaan brand lokal serta kejayaan UMKM Indonesia.

Baca juga: Majukan UMKM, Pemkot Tangerang Jalin Kerjasama dengan 2 Startup Terbesar di Indonesia

"Saya kira tempat seperti M Bloc Market ini bisa jadi showcase produk produk UMKM yang berkualitas karena ini dikurasi dengan ketat. Ini bagus untuk membranding agar brand lokal sejajar dengan brand besar. Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kehadiran MBloc Market tidak hanya sebagai etalase produk-produk brand lokal keren, namun juga sebagai buah dari sinergi dan kolaborasi beragam stakeholder. Ini patut menjadi referensi kita bersama dalam upaya mengembangkan UMKM ke depan," katanya. 

Teten menjelaskan, saat ini tren pasar semakin dinamis bergerak, di mana  pendekatan industrialisasi dan manufaktur besar bukan lagi jadi daya tarik utama, melainkan narasi sustainability, originalitas, dan pemberdayaan bersama.

"Menariknya UMKM artisan lokal kita mengeksplorasi banyak ranah-ranah tersebut. Nilai tradisional, budaya kustom, hingga sentuhan teknologi modern adalah formula wajib bagi suksesnya kebangkitan UMKM Indonesia bahkan di mata dunia," tambahnya.

Sementara itu, CEO MBloc Market, Handoko Hendroyono menjelaskan, saat ini konsumen telah berubah dan mengapresiasi adanya brand lokal dan karya anak-anak muda. Terbukti, kata Handoko, saat soft opening respon konsumen sangat bagus dengan penjualan yang tinggi.  "Dengan adanya MBloc Market menambah optimisme. Saat ini konsumen berubah, sangat mengapresiasi brand lokal anak-anak muda," kilahnya. 

Baca juga: Pimpin Forkabi, Abdul Ghoni Dorong Ekonomi Warga Jakarta Lewat Pengembangan UMKM

Berita Terkait
News Update