ADVERTISEMENT

Pontang, Surganya Olahraga Mancing di Serang Utara

Minggu, 21 Maret 2021 16:00 WIB

Share
Pontang, Surganya Olahraga Mancing di Serang Utara

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Berdasarkan catatan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Banten, Kabupaten Serang merupakan wilayah kedua yang memiliki garis pantai sepanjang 92,00 km, disusul kemudian Kabupaten Lebak dengan panjang garis pantai mencapai 91,42 km.

Sedangkan yang berada di urutan nomor satu adalah Kabupaten Pandeglang dengan panjang garis pantai 230,00. Makanya kemudian tidak heran jika Kabupaten Pandeglang menjadi lumbung ikan di Provinsi Banten.

Berdasarkan potensi dasar kewilayahan garis pantai tersebut, area pengusahaan perikanan di Kabupaten Serang memiliki potensi indikatif seluas 118.183 hektar. Terdiri dari potensi area pengusahaan perikanan tangkap seluas 97.822 hektare (82,77%) dan perikanan budidaya seluas 20.361 hektare (17,23%).

Baca juga: Luapan Situ Pengarengan Rendam Pemancingan dan Jalan Juanda, Arus Lalu Lintas Macet

Di samping potensi itu, bagi para pecandu strike mancing, wilayah Kabupaten Serang juga kerap dijadikan sebagai salah satu sport favorit melepas ketegangan adrenalin, terutama di wilayah pesisir pantai yang banyak terdapat budidaya perikanan (empang) dari mulai Kecamatan Pontang, Tirtayasa sampai Kecamatan Tanara.

Di wilayah pesisir Serang Utara ini, hampir setiap akhir pekan selalu dikunjungi oleh para penyuka mancing. Mereka datang rata-rata dari wilayah Serang bahkan ada juga dari Tangerang.

Mancing di empang mempunyai sensasi berbeda dari pada di tempat pemancingan pada umumnya. Sebab, selain ikannya banyak, sensasi lain yang tidak akan ditemukan ditempat pemancingan lainnya adalah ikan hasil mancing bisa langsung diolah sesuka hati.

Baca juga: Perahu Diterjang Puting Beliung, 6 Pemancing Tenggelam di Perairan P.Tunda 1 Orang Ditemukan Tewas

Oleh karena itu tidak jarang para pemancing di Serang Utara ini membawa bekal beras serta bumbu-bumbu lainnya, sebagai bekal untuk bacakan nanti di empang.

Sidik (34) misalnya. Warga asal Kabupaten Lebak ini sudah mempersiapkan perbekalan untuk mancingnya sejak akhir pekan lalu. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Yulian Saputra
Editor: Yulian Saputra
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT