ADVERTISEMENT

Pilih Mana? Jujur Tapi Selamat Menutup Diri Tapi Terinfeksi

Sabtu, 20 Maret 2021 06:35 WIB

Share
Pilih Mana? Jujur Tapi Selamat Menutup Diri Tapi Terinfeksi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

APA program yang digelar akan berjalan dengan baik jika dilakukan dengan disiplin dan penuh kejujuran. Disiplin berarti taat atau patuh terhadap aturan, melaksanakan segala sesuatunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jujur adalah lurus hati, tidak berbohong atau tidak bermain curang.

Begitu pun mencegah penularan virus corona harus berpegang teguh kepada disiplin, dalam konteks ini kepatuhan menerapkan protokol kesehatan ( prokes) dan jujur terhadap diri sendiri atas apa yang terjadi. Utamanya gejala yang menimpa dirinya.

Acap terjadi, disiplin prokes sudah dilakukan dengan baik dan benar. Tetapi masih tetap berpotensi tertular, jika tidak jujur terhadap gejala gangguan kesehatan yang menimpa dirinya dan lingkungan sekitarnya.

Sebut saja  pernah kontak langsung dengan pasien Covid, tetapi tidak menjaga diri. Tidak berusaha segera mengisolasi diri, atau setidaknya mengurangi interaksi dengan orang lain. Akibatnya, virus menularkan kepada orang lain, tak terkecuali dirinya sendiri dan keluargaanya.

Jika sejak awal jujur mengungkap fakta, tentu upaya tracing dapat dilakukan lebih dini untuk mencegah terjadinya penyebaran virus.

Yah, lebih dini mendeteksi diri atas gejala yang terjadi dan jujur mengungkap fakta adanya gangguan kesehatan adalah upaya terbaik mencegah penularan sebagai bagian dari mengatasi pandemi.

Jangan anggap diri merasa sehat dan kuat, tetapi tiba–tiba terinfeksi karena terlambat mendeteksi.

Meningkatnya kasus kematian pasien Covid di Jakarta perlu menjadi rujukan.

Berdasarkan data terakhir, Rabu (17/03/2021) jumlah kasus kematian akibat Covid-19 di Jakarta sebanyak 6.077 orang atau 1,7 persen. Angka ini naik 0,1 persen dari 1,6 menjadi 1,7 persen.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Winoto
Editor: Winoto
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT