ADVERTISEMENT

Kemenkes Apresiasi Penerapan Prokes Vaksinasi Lansia di Kabupaten Bekasi

Sabtu, 20 Maret 2021 02:35 WIB

Share
Kemenkes Apresiasi Penerapan Prokes Vaksinasi Lansia di Kabupaten Bekasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BEKASI, POSKOTA.CO.ID - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) saat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para kelompok lanjut usia (lansia) di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi.

"Setelah saya melihat lokasi, ini cukup luas, cukup besar, cukup representatif sehingga kerumunan bisa dihindari," kata Sekretaris Jenderal Kemenkes RI Oscar Primadi di Cikarang.

Baca juga: PLN Suplai Listrik 1.000.000 VA di Sentra Vaksinasi Tennis Indoor Senayan 

Oscar mengaku setiap proses pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara mengalir tanpa terlihat adanya kerumunan mulai dari meja registrasi peserta, pemeriksaan kesehatan, penyuntikan vaksin, masa observasi, hingga peserta dinyatakan selesai observasi dan keluar melewati ruang khusus yang telah disiapkan.

"Flow-nya berjalan dengan baik, mengalir tanpa kerumunan walaupun pesertanya relatif banyak. Mekanisme inilah yang kita harapkan," kata dia.

Oscar juga melihat di setiap sudut stadion telah terpasang spanduk imbauan penerapan prokes ketat melalui 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas warga.

"Tinggal bagaimana warga secara luas menerapkan protokol 5M karena ini mutlak menjadi tanggung jawab setiap masyarakat, bukan hanya Bu Kadinkes atau jajaran dinas kesehatan dan aparat saja," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti mengatakan, penerapan prokes ketat menjadi syarat mutlak dalam setiap pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya.

Baca juga: Vaksinasi Lansia Digelar Pemkab Tangerang di MaxxBox Lippo Village, Bupati Apresiasi Peran Swasta

"Peserta vaksinasi diwajibkan mematuhi protokol kesehatan 5M. Kami dibantu rekan-rekan dari petugas kepolisian dan Satpol PP untuk memastikan prokes dilaksanakan dengan baik," ucap Sri.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Guruh Nara Persada
Editor: Guruh Nara Persada
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT