ADVERTISEMENT

Wagub Andika Klaim Angka Stunting di Banten Turun 23 Persen

Sabtu, 13 Maret 2021 15:06 WIB

Share
Wagub Andika Klaim Angka Stunting di Banten Turun 23 Persen

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID –  Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengklaim angka stanting di Provinsi Banten mengalami penurunan dari 29,6 % pada tahun 2017 menjadi 23,4 % pada tahun 2019. 

Hal itu diungkap Wagub saat mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi dalam acara tatap muka dengan keluarga yang memiliki balita stunting di Kantor Kelurahan Masigit, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Jum'at (12/3/2021).

Andika mengaku, kerja keras Pempov Banten dalam menekan angka stunting ini dilakukan dengan cara peningkatan kapasitas kelembagaan Posyandu untuk konvergensi stunting.

"Setidaknya terdapat sebanyak 32 kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Pemprov Banten dalam rangka menekan angka stunting. Kegiatan tersebut dilakukan di Kabupaten Serang dengan sasaran sebanyak tiga desa dan Kabupaten Pandeglang sebanyak lima desa," ungkap Wagub.

Baca juga: Posyandu Door To Door Akan Dilakukan di Kelurahan Karet Tengsin untuk Cegah Peningkatan Stunting

Selain itu, lanjut Andika, untuk tenaga kesehatan bidan sendiri sebagai bagian dari upaya menekan stunting, di Provinsi Banten terdapat sebanyak 6.911 Bidan dengan rincian Kota Cilegon 331 orang, Kota Serang 568 orang, Kota Tangerang 949 orang, Kota Tangsel 801 orang dan Kabupaten Lebak 1.201 orang.

"Berikutnya, Kabupaten Pandeglang 936 orang, Kabupaten Serang 780 orang dan Kabupaten Tangerang 1.345 orang," jelasnya.

Dijelaskan Andika, selain membahas terkait stunting, kunjungan Menko PMK Muhadjir Effendi ke Kota Cilegon secara umum terkait dengan evaluasi dan monitoring pelaksanaan PPKM Mikro.

"Namun demikian, secara khusus sebagai Menko PMK, dalam kunjungannya juga ingin secara spesifik memonitor penanganan stunting, di mana dikhawatirkan angka stunting akan kembali naik atau sulit ditekan di masa pandemi Covid-19 ini," ungkapnya. 

Baca juga: Penderita Stunting Anak Pernah Tertinggi di DKI Jakarta, Pemkot Jakarta Timur Berupaya Menurunkannya

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Tri Haryanti
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT